Pena ARC, Pena Super Canggih Bagi Penderita Parkinson

Hidup dengan kondisi sehat adalah anugrah yang harus disyukuri. Aktivitas fisik apa pun menjadi sangat mudah untuk dilakukan. Berbeda jauh dengan ketika kita menghadapi ujian berupa sakit. Setiap aktivitas terganggu dan tidak maksimal. Entah bagaimana rasanya jika kita sakit dan itu berlangsung lama bahkan permanen. Tidakkah kita terbayangkan bagaimana kehidupan para penderita Parkinson. Mereka mengalami gangguan yang amat menyulitkan dalam hal motorik. Bahkan untuk menulis saja susah. Hingga akhirnya kini ditemukan produk baru yakni Pena ARC untuk membantu penderita Parkinson agar tetap dapat menulis tanpa kesulitan.

Para peneliti telah merancang sebuah pena yang dapat digunakan oleh penderita Parkinson. Kita ketahui bersama bahwa penderita Parkinson mengalami kesulitan dalam menulis berupa tangan yang gemetar. Pena ARC didesain agar tidak bergoyang-goyang selama penderita Parkinson menggunakannya.

Penderita Parkinson memang dapat menulis meskipun tanpa pena ARC namun hasilnya amat kecil dan sulit dibaca. Kondisi ini disebut dengan Micrographia.

“Kami mendengar cerita tentang betapa frustasinya hal itu bagi orang-orang yang masih bekerja, atau yang ingin menulis kartu, menandatangani dokumen, apa pun yang ada hubungannya dengan tulis-menulis,” ujar Lucy Jung, desainer produk dari ARC Pen dilansir Medicaldaily.com (3/4/2015).

Pulpen ARC diproduksi oleh perusahaan DOPA Solution. Pulpen ARC menggunakan teknologi getaran tingkat tinggi yang dapat melakukan pijatan pada tangan dan mencegah terjadinya kejang.

Pena ARC telah diuji terhadap 14 pasien Parkinson. Hasilnya adalah bahwa penggunaan pulpen ARC ini dapat meningkatkan kinerja penderita dalam menulis hingga 86%.

DOPA Solution menuliskan dalam website resminya bahwa hadirnya Pena ARC adalah produk yang pertama kalinya hadir untuk membantu penderita Parkinson dengan Micrographia.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker