Obat Cacar Air Lebih Bersifat Mengurangi Gejala

Cacar air amatlah meresahkan bagi anak, terlebih bagi orang tua. Ketika anak terserang penyakit ini, maka dapat dikatakan seisi rumah menjadi sibuk. Anak yang terus-terusan rewel karena gejala yang berupa demam, sakit kepala disertai bintik-bintik hampir disekujur tubuh. Obat cacar air yang biasa digunakan oleh dokter biasanya barupa obat yang digunakan untuk meredakan gejala dan meningkatkan imunitas tubuh.

Virus Varisela Zoster adalah penyebab timbulnya cacar air. Virus tentunya ditangani dengan antivirus. Obat cacar air untuk mengatasi menyebarnya Varisela Zoster ini berupa obat untuk menurunkan demam dan rasa gatal pada kulit serta gejala lain yang timbul.

Pada umumnya, cacar ditandai dengan munculnya ruam pada kulit yang menjadi gejala utama cacar air. Ruam tersebut akan berubah menjadi bintil merah berisi cairan yang terasa gatal yang kemudian akan mengering, menjadi koreng, dan terkelupas dalam waktu 7-14 hari. Bagian-bagian tubuh yang biasa ditumbuhi bintil cacar air adalah wajah, belakang telinga, kulit kepala, lengan dan kaki.

Tujuan pengobatan cacar air adalah untuk mengurangi gejala. Dua jenis obat yang biasa digunakan untuk menangani cacar adalah parasetamol untuk menurunkan demam dan losion atau bedak kalamin untuk mengurangi rasa gatal pada kulit. Cepat atau lambatnya reaksi obat cacar air ini bekerja, dipengaruhi oleh daya tahan tubuh seseorang. Ada yang bisa sembuh dengan sendirinya tanpa bantuan obat medis, namun ada yang hingga harus dirawat di RS. Bisa juga bintik-bintik tersebut bersifat tidak normal, jumlahnya amat banyak sehingga sangat mengganggu. Jika muncul tanda-tanda bahaya seperti infeksi pada bekas cacar air yang pecah, sakit dada atau sesak nafas, demam tinggi hingga bahkan kejang segera rujuk ke Rumah Sakit.

Di Indonesia, vaksin cacar telah digalakkan oleh pemerintah. Namun perlu diingat bahwasanya perihal imunisasi masih tetap akan menjadi perbincangan. Antara yang berpendapat akan haramnya vaksin karena terpapar enzim babi dan pendapat yang menghalalkan vaksin yang menganggap zat babi telah hilang. Sikap berhati-hati dalam sebuah masalah yang masih diperdebatkan adalah bersikap hati-hati dalam memilih. Sebagaimana karakter imam Syafi’i yang serba berhati-hati dalam mengeluarkan fatwa. Jadi berhati-hati dalam menentukan memvaksin anak atau tidak adalah pilihan yang bijak.

Cacar air pada wanita hamil, bayi yang baru lahir, serta orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah juga lebih rentan terhadap komplikasi serius. Mereka sebaiknya mencari bantuan medis secepatnya jika terpajan virus ini atau mengalami gejala-gejalanya.

Pos terkait