Nyeri Akibat Benjolan di Leher, Reaksi Kelenjar Getah Bening

Sebagian dari kita mungkin pernah merasakan sakit yang teramat sangat pada bagian leher. Setelah diraba, ternyata ada benjolan di bawah telinga agak ke belakang. Saat seperti itu, kepanikan pun mulai muncul. Penyakit apakah yang ditandai dengan munculnya benjolan di bawah telinga atau benjolan di leher tersebut?

Kelenjar gerah bening berperan dalam nyeri akibat adanya benjolan di leher ini. Kelenjar getah bening adalah kelenjar yang mengandung sel-sel darah putih dan menjadi bagian dari sistem imun yang berfungsi untuk melawan infeksi yang terjadi.

Kelenjar ini dapat membengkak beberapa sentimeter sebagai respons terhadap infeksi atau penyakit. Selain pada leher, pembengkakan ini dapat terjadi pada bagian lain dari tubuh, seperti ketiak.

Pada kasus yang tidak berbahaya, misalnya flu dan radang tenggorokan, mengonsumsi banyak cairan dan konsumsi ibuprofen biasanya sudah dapat meredakan gejala sakit pada kelenjar getah bening yang membengkak.

Namun terkadang, tes darah, CT scan, atau biopsi diperlukan untuk deteksi lebih lanjut. Dalam kondisi tertentu yang sangat jarang, bengkak di leher akibat pembengkakan kelenjar getah bening dapat menjadi gejala dari penyakit campak, rubella, cytomegalovirus (CMV), tuberkulosis (TB), sipilis, HIV, lupus, rematik artritis, sarkoidosis, bahkan kanker.

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker