Meskipun Sakit, Banyak Tenaga Kesehatan di Luar Negeri Memilih Tetap Bekerja

Profesi sebagai perawat, dokter, bidan atau tenaga medis lain merupakan profesi yang berhubungan dengan penyakit. Resiko tertular dan menularkan penyakit pun pasti ada. Selama ini mungkin yang paling tampak adalah resiko para tenaga kesehatan ini tertular penyakit dari pasien. Namun tidak lepas pula tatkala para tenaga medis ini sakit justru dapat memperparah penyakit yang diderita pasien. Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan di barat, tidak sedikit para dokter yang meskipun sedang menderita sakit tapi masih tetap bersikeras untuk mengobati pasiennya.

Sebagian besar tenaga kesehatan tersebut tidak ingin pasiennya kecewa jika tidak ia layani. Sebagian pula merasa khawatir jika harus mencari pengganti untuk menutupi shift pada waktu itu.

Julia E. Szymczak, dari Rumah Sakit Anak Philadelphia, dan rekan penelitinya, menganalisis respons survei yang dikumpulkan pada 2014 lalu. Jajak pendapat tersebut dilakukan terhadap 536 dokter dan praktisi kesehatan lain di RSA tersebut.

Lebih dari 95 % responden menyatakan bahwa bekerja saat sakit justru akan meningkatkan resiko penularan terhadap pasien. Sejumlah 83 persen peserta mengaku tetap bekerja meskipun saat itu mengalami diare, demam, dan keluhan pernapasan. Para dokter lebih sering mengalami hal tersebut daripada perawat atau asisten dokter. Setidaknya 9% diantaranya mengalami gejala tersebut sebanyak 5 kali dalam setahun.

Seperti yang telah diterbitkan dalam JAMA Pediatrics, terdapat sebuah paradigma yang diyakini oleh para tenaga medis ini. Mereka akan tetap bekerja meskipun sakit kecuali sakit tersebut adalah sakit berat yang mengakibatkan mereka tidak dapat melakukan aktivitas fisik seperti biasanya.

Petugas kesehatan dalam kondisi sakit dapat memberikan risiko nyata terhadap pasien, terutama orang-orang yang terganggu sistem kekebalan tubuhnya, misalnya pasien kanker atau pasien tranplantasi, kata Jeffrey R. Starke dari Fakultas Kedokteran Baylor College di Houston.

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker