Komplikasi Penyakit Adnan Buyung Hantarkannya Tutup Usia

0
Adnan Buyung Nasution tutup usia. (pict: Lensaindonesia)

Adnan Buyung Nasution meninggal pada Rabu (23/9/2015). Komplikasi penyakit Adnan Buyung menghantarkannya tutup usia. Ia menghembuskan nafas terakhir di Rumah Sakit Pondok Indah Jakarta Selatan.

Pengacara yang terkenal dengan rambut putihnya ini meninggal pada usia 81 tahun seperti dikatakan oleh Pia Akbar Nasution. Pia adalah putri Adnan Buyung Nasution yang sedia menjaga ayahnya selama dirawat.

Jelang hari-hari terakhir Adnan Buyung, penyakitnya semakin parah. Beberapa komplikasi penyakit Abdan Buyung Nasution sudah cukup berat. Ia sudah mulai sulit makan dan tidur sejak hari Jum’at (18/9/2015).

Beragam kondisi tersebut kemudian membaik dengan dilepasnya ventilator mekanik sebagai alat bantu nafas dan tekanan darah sudah menunjukkan batas normal pada senin malamnya.

Penyakit Adnan Buyung mulai menghampiri sejak lama. Ia pmengalami gagal ginjal sejak 2014. Akibatnya, Adnan harus melakukan hemodialisis tiap tiga kali sepekan. Selain itu, Adnan Buyung juga menderita sakit jantung dan darah tinggi sehingga ia harus rutin mengonsumsi obat untuk mengobati penyakit tersebut, seperti dilansir Liputan 6.

Penyakit Adnan Buyung Nasution dapat dikatakan sebagai golongan penyakit berat. Ketika terjadi masalah pada ginjal berupa gagal ginjal, maka secara otomatis ginjal ibarat sudah kadaluarsa. Fungsinya sudah tidak ada lagi.

Gagal ginjal dapat digolongkan dalam Gagal Ginjal Akut (GGA) dan Gagal Ginjal Kronis (GGK). Gagal ginjal dapat mengakibatkan komplikasi pada jantung dan organ tubuh lainnya karena fungsi ginjal yang amat vital.

Betapa banyak racun yang terdapat dalam darah jika tidak disaring oleh Glomerulus ginjal. Maka ketika kondisi Gagal Ginjal tidak segera ditangani, dapat berakibat pada organ tubuh yang berhubungan dengan darah.

 

Tinggalkan Komentar