Keluhan Bunda Saat Hamil dan Solusinya

Keluhan ringan kehamilan terutama terhadi pada hamil muda. Dengan makin tua kehamilan maka keluhan semakin berkurang kecuali varises dan kaki bengkak yang justru semakin meningkat. Keluhan bunda saat hamil yang berupa keluhan ringan dapat diatasi hanya dengan pendidikan kesehatan (edukasi) atau obat tertentu yang tidak membahayakan janin dalam kandungan bunda. Ragam keluhan bunda saat hamil akan kita bahas satu per satu dan solusi dari berbagai keluhan tersebut tentunya akan beragam sesuai dengan kondisi bunda saat hamil. Namun secara umum, dapat digunakan trik-trik berikut ini dengan baik.

Syncope (pingsan)
Biasanya gejalanya berupa kepala pusing dan berkunang-kunang. Terutama ketika bunda bangun dari duduk atau tidur lalu berdiri dengan mendadak. Suplai darah ke otak tidak dapat sesegera itu sampai sehingga tubuh merespon dengan ketidaksadaran penuh. Siasati gejala pingsan ini dengan bangun secara perlahan. Ingat bahwa kerja jantung bunda lebih berat dari biasanya karena sedang membawa janin. Sebelum bangkit dari tidur hendaknya duduk dahulu. Atau saat duduk lalu akan bangun hendaknya secara perlahan.

Morning Sickness
Gejala pusing, mual hingga muntah yang datangnya di pagi hari. Inilah kenapa disebut sakit dipagi hari. Morning sickness terjadi akibat gangguan metabolisme karbohidrat. Gejalanya dapat dikurangi dengan minum air hangat saat pagi sebelum bangun dan beraktivitas.

Kram otot betis
Kurangnya konsumsi vitamin E dan B kompleks serta kalsium adalah penyebabnya. Konsumsi vitamin dengan baik secara alami yaitu dari buah-buahan. Di lain sisi, biasanya dokter atau bidan kepercayaan bunda akan memberikan suplemen vitamin. Jangan dibuang vitamin itu tapi diminum. Anti obat medis tak apa tapi perlu diingat bahwa tidak semua penyakit bisa diatasi dengan herbal saja, perlu dikolaborasikan bukan dibuang salah satu.

Hipersalivasi
Air liur bunda akan terasa lebih banyak dari biasanya. Hal ini dapat diatasi dengan menyediakan biskuit atau roti tawar di rumah.

Varises
Hal ini dapat dikurangi dengan pemakaian stoking, kaus kaki nilon panjang sampai paha. Periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut. Jangan dibiarkan berlama-lama karena dapat menjadi lebih parah.

Kaki bengkak
Bengkak pada kaki biasanya terjadi pada akhir trimester ketiga. Bengkak pada kaki dapat terjadi akibat tertekannya pembuluh darah pada bagian panggul yang menuju ke kaki sehingga sirkulasi darah terganggu. Pada bengkak yang ringan, dapat disiasati dengan meninggikan kaki daripada tubuh saat tidur dan kurangi konsumsi garam. Namun ada pula bengkak pada kaki yang sifatnya tidak normal yang memerlukan penanganan khusus. Oleh karenanya, periksakanlah kandungan bunda secara rutin menurut jadwal yang sudah dijelaskan oleh petugas kesehatan kepecayaan bunda. (Destur Purnama/eSPer)

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker