Jepang Dilanda Bencana, Gunung Aso Meletus Hebat

0
Letusan Gunung Aso, awan hitam setinggi 2 Km

Jepang dilanda musibah bencana alam. Negara Jepang dapat dikatakan sebagai negara pusat bencana alam. Di sana sering terjadi gempat, tsunami dan gunung meletus. Kali ini, giliran gunung Aso yang meletus. Gunung Aso adalah gunung berapi yang terletak di selatan pulau Jepang Kyushu.

Gunung Aso meletus pada Senin (14/9/2015) dilansir Reuters. Badan Meteorologi Jepang mengatakan bahwa telah terjadi ledakan dan tampak segumpal asap hitam melambung setinggi 2 km (1,2 mil). Dilaporkan pula bahwa tidak ada laporan kerusakan atau cedera.

Gunung setinggi 1.592 meter ini merupakan salah satu gunung paling aktif di Jepang. Meskipun termasuk gunung yang paling aktif, gunung Aso juga merupakan tempat favorit para pendaki gunung.

Dikabarkan dari pihak berwenang setempat bahwa terdapat beberapa orang di sekitar tempat parkir di wilayah puncak gunung. Namun semua telah dievakuasi tepat waktu dan selamat. Mereka mengatakan bahwa tidak ada peringatan akan terjadinya letusan gunung Aso sebelumnya.

Kyushu Electric Power Co, perusahaan pembangkit listrik Jepang mengatakan bahwa letusan gunung Aso tidak akan berdampak pada pusat tenaga nuklir. Salah satu pusat tenaga nuklir Jepang adalah pembangkit listrik tenaga nuklir Sendai yang berjarak sekitar 160 km (100 mil) selatan dari Gunung Aso.

NHK, stasiun televisi nasional melaporkan bahwa radius abu vulkanik sejauh 4 Km.

Jepang terletak di tengah “Cincin Api”. Terdapat sekitar 100 gunung aktif yang siap menghancurkan Jepang.

Sistem penanganan dan penanggulangan bencana Jepang sangatlah baik sehingga jumlah korban selama ini dapat diminimalisir.

Tinggalkan Komentar