Indonesia Peringkat 8 Negara Polusi Mematikan

Indonesia peringkat 8 dari 15 negara polusi

Bloomberg telah mengeluarkan rilis terkait polusi udara. Setidaknya tercatat 15 negara polusi yang berkontribusi besar terhadap kasus polusi udara di bumi ini. Sebuah data menunjukkan bahwa sekitar 3,3 juta orang tewas akibat menghirup udara yang telah terkena polusi. Pada tahun 2050 pun diprediksi bahwa jumlah tersebut akan terus meningkat. Jika polusi tidak ditangani.

Salah satu negara yang telah menutup pembangkit listrik tenaga batu baranya pun belum bisa aman dari kasus polusi udara. Amerika Serikat menduduki posisi ke-7 negara polusi.

“Hal seperti ini seharusnya menjadi tanda bahaya untuk lembaga kesehatan di seluruh dunia,” tulis Michael Jerrett, profesor kesehatan lingkungan dari University of California, Los Angeles (UCLA) lewat penelitian jurnal Nature seperti dikutip dari Bloomberg pada Sabtu (26/9/2015).

Efek polusi udara sehingga dinyatakan sebagai polusi mematikan ini dinilai dari kandungan kimia terbaru, tingkat kesehatan, dan perekonomian.

Daftar 15 negara dengan tingkat polusi paling mematikan berdasarkan laporan Bloomberg:

  1. China
  2. India
  3. Pakistan
  4. Bangladesh
  5. Nigeria
  6. Rusia
  7. Amerika Serikat
  8. Indonesia
  9. Ukraina
  10. Vietnam
  11. Mesir
  12. Jerman
  13. Turki
  14. Iran
  15. Jepang

Prestasi Indonesia ternyata bukan hanya sebagai negara korupsi dan negara penghutang saja yang terkenal, melainkan pula negara dengan polusi mematikan di dunia. Posisi Indonesia sebagai negara polusi paling mematikan menempati posisi 8.

Pos terkait