Australia Terapkan Sanksi Vaksin Bagi yang Menolak Vaksinasi

0

Pemerintah negara Australia akan merealisasikan undang-undang yang mengatur tentang pemberian sanksi kepada orang tua yang menolak vaksin. Dengan kata lain, dengan disahkannya undang-undang sanksi vaksin berarti Australia mewajibkan warga negaranya untuk memvaksin anaknya. Jika enggan mengikuti program vaksin maka termasuk pelanggaran undang-undang.

Jika kewajiban imunisasi tak dilakukan oleh orang tua, maka mereka harus siap kehilangan tunjangan 15.000 dollar Australia (sekitar Rp 158 juta) per anak setiap tahunnya. Penerapan sanksi vaksin ini merupakan sebuah kekhawatiran yang berlebihan.

“Pilihan untuk tidak mengimunisasi anak mereka tidak didukung oleh peraturan publik dan riset medis. Karena itulah tindakan mereka itu juga seharusnya tidak didukung oleh pembayar pajak dalam bentuk tunjangan keluarga,” kata Menteri Pelayanan Sosial Scott Morrison.

Pengecualian hanya diperbolehkan jika ada alasan medis yang valid. Undang-undang ini kemungkinan besar akan diloloskan oleh parlemen. Sementara itu reaksi publik Australia tampaknya positif.

Saat ini, meski 97 persen orangtua di Australia yang mengklaim tunjangan dari pemerintah rutin melakukan vaksinasi pada anaknya, tapi jumlah anak berusia kurang dari 7 tahun yang tidak divaksin terus meningkat.

Menurut pemerintah Australia, dalam satu dekade terakhir terjadi peningkatkan anak yang tidak divaksin dari 24.000 anak menjadi 39.000 anak. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan.

Source: Foxnews
Editor: Destur

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.