7 Sifat Teman yang Baik Bagi Muslimah

0

Berteman dan bersahabat adalah sebuah sifat dasar manusia. Tidaklah manusia hidup tanpa adanya jiwa sosial. Berteman akan memberikan keleluasan dalam bertindak. Keberadaannya pun akan sangat membantu dalam berbagai urusan. Sifat orang yang beraneka ragam akan menjadikan kita lebih bisa memahami cara berperilaku dengan mereka. Namun tidaklah semua orang layak untuk dijadikan sebagai teman dekat. Tips memilih teman bagi muslimah pun harus diperhatikan.

Memilih teman didasari pada agamanya. Tentu sebagai seorang muslimah, sifat dasarnya adalah tidak bisa memendam perasaan terlalu lama. Seorang muslimah akan selalu membutuhkan tempat curhat. Oleh karenanya bisa dikatakan bahwa suami yang kelak menjadi teman setianya adalah yang mau mendengar tiap keluh-kesahnya dan secara gagah memberikan petuah-petuah agar tetap istiqomah.

Dalam perkara ini, Rosulullah telah mengingatkan dalam sebuah hadits:

“Seseorang mengikuti agama teman dekatnya. Maka hendaklah salah seorang dari kalian memerhatikan siapa yang ia jadikan kawan dekatnya.” (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah serta Abu Dawud dan dihasankan oleh Syaikh Albani dalam As Silsilah Ash Shohihah No. 927)

Dalam hadits lain yang sangat terkenal, perumpamaan yang digunakan oleh Rosulullah shollallaahu ‘alayhi wa sallam. Teman yang baik dengan teman yang buruk diibaratkan dengan penjual minyak wangi dan pandai besi. Tentu kedua profesi ini sangat bertolak-belakang. Betapa wanginya penjual minyak wangi dan betapa bau tak sedap hasil pembakaran besi itu melekat pada tukang pandai besi.

Perumpaan yang dapat dikatakan ibarat langit dan bumi. Efek dari teman yang baik itu ternyata akan membawa kebaikan pula. Begitu pun sebaliknya jika berteman dengan buruk. Sifat buruk bagi muslimah yang harus dihindari adalah ghibah. Sudah menjadi rahasia umum bahwasanya adanya beberapa wanita yang berkumpul bersama jika didalamnya tidak didasari keimanan maka yang terjadi adalah ajang ghibah, menggunjingkan saudaranya yang lain.

Isham bin Muhammad Asy Syarif dalam bukunya memberikan ciri-ciri sifat teman yang baik bagi muslimah. Ada 7 sifat orang yang layak dijadikan teman bagi para muslimah menurut beliau.

  1. Berpegang teguh terhadap agam, baik dalam perkatan, perbuatan lahir dan batin, aqidah mau pun perilaku.
  2. Berakhlak baik, tumbuh dari tempat yang baik dan manis tutur katanya.
  3. Bentuk iltizam dan keistiqomahan terpenting adalah ia menggunakan hijab syar’i.
  4. Ia bukan termasuk orang yang mencari dunia dalam perkataan dan tingkah laku.
  5. Memberi dan menerima nasihat karena Allah.
  6. Ia menjadikanmu mencintai setiap amal sholih dan menjadikanmu menjauhi semua bentuk keburukan.
  7. Ia membantumu dalam menaati Allah dan menjadi penghibur begimu tatkala mengalami berbagai kesedihan dan kepedihan.

Source: Asy Syarif, Isham bin Muhammad (2012). Panduan Tarbiyah Wanita Shalihah Hal. 54. Al Qowam: Surakarta
Ed: Destur

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.