5 Efek Bahaya Bedak Bagi Tubuh

0

Bedak adalah salah satu alat untuk berhias. Berhias pun dalam Islam dianjurkan untuk tidak berlebihan. Berlebihan dalam berhias bagi perempuan adalah diharamkan kecuali di depan suaminya. Hal ini ternyata banyak sekali manfaatnya. Dalam sisi kesehatan, bedak adalah salah produk kimiawi. Hampir semua produk kimiawi tidak ada yang bersih dari efek samping. Bedak tetaplah memiliki efek samping bagi tubuh. Setidaknya ada 5 efek bahaya bedak bagi tubuh.

Bedak dibuat dengan kandungan magnesium silikat yang terdiri dari magnesium, oksigen, dan silikon. Kesemua bahan kimia ini ada kalanya bermanfaat namun ada kalanya berbahaya.

Dikutip dari Boldsky, bahwasanya ada sekitar 5 efek bahaya bedak bagi tubuh yang harus diwaspadai. Terutama jika bedak tersebut masuk ke tubuh. Perlu diingat bahwa bedak hanya digunakan untuk luar tubuh. Sama seperti halnya salep kulit, ia hanya digunakan untuk tubuh bagian luar. Namun jika digunakan untuk tubuh bagian dalam maka akan sangat berbehaya.

1. Masalah pernapasan
Serpihan halus dari bedak dapat menyebabkan masalah pernapasan.

2. Penyebab Talkosis
Talkosis adalah pnemokoniosis oleh karena debu talk yang masuk ke dan ditimbun dalam paru serta reaksi jaringan paru terhadapnya. Saat bernapas, serpihan halu masuk ke tubuh Anda dan menyebabkan gangguan paru-paru akut atau krnois. Kondisi ini disebut dengan talkosis.

3. Perparah Asma
Jagalah jarak dengan bubuk berwarna putih itu. Menurut para ahli, asma dan pneumonia merupakan masalah kesehatan umum. Salah satu risiko paling besar dari bedak adalah kanker paru-paru.

4. Diare dan muntah
Bedak dapat masuk ke dalam tubuh melalui pernapasan dan dapat menyebabkan masalah besar. Pada bayi, diare dan muntah yang kerap terjadi.

5. Kanker Endometriosis
Wanita yang menggunakan bedak secara teratur kemungkinan besar berisiko terkena penyakit ini. Jadi, ada baiknya kurangilah penggunaan bedak.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.