Subhanallah, Ada Penampakan Kupu-Kupu di Luar Angkasa

0
Twin jet nebula membentuk sayap kupu-kupu di luar angkasa.

Sebuah gambar menakjubkan baru-baru ini tertangkap kamera teleskop luar angkasa Hubble. Gambaran tersebut didapatkan dari hasil pantulan sinar berbagai bintang di angkasa oleh Nebula antar planet yang biasa disebut Planetary Nebula.

Penampakan gambar menakjubkan kali ini sungguh indah. Nebula tersebut menghasilkan pantulan sinar bipolar. Pihak Hubble menyebutnya The Bipolar Planetary Nebula PN M2-9. Dalam bahasa yang lebih mudah, istilah ini dikenal dengan Twin Jet Nebula.

Selain pantulan oleh Nebula tersebut, terdapat pula perpaduan cantik dari beragam bintang disekitarnya.

Twin Jet Nebula pertama kali ditemukan oleh astronom Jerman-Amerika Rudolph Minkowski (1895-1976) pada tahun 1947. Penampakan pantulan sinar oleh Nebula terakhir dirilis pada 1997 berupa Nebula Brilian. Untuk gambar Twin Jet Nebula kali ini, teknologi yang digunakan jauh lebih tajam.

Nebula Planet adalah bintang seukuran Matahari yang memasuki masa akhir hidupnya. Nebula ini kehilangan hidrogen dan helium yang menjadi bahan bakar reaksi fusi. Di tahap ini, bintang melepaskan gas di permukaannya dan akhirnya terkondensasi menjadi bintang katai putih. Nebula planet sama sekali tak ada hubungannya dengan planet. Dinamai nebula planet sebab adanya kesalahan observasi pada abad ke-18, di mana nebula planet dikira planet gas raksasa. Nama tetap dipertahankan hingga kini.

Nebula planet ini disebut Twin Jet Nebula ketika terdapat dua inti yang membentuk cangkang awan sehingga menjadi kembar.

Menurut laporan Huffington Post (27/8/15), berdasarkan perluasan sayap Twin Jet Nebula ini, para astronom telah menyimpulkan bahwa nebula terbentuk sekitar 1.200 tahun yang lalu dan sayap berbentuk kupu-kupu ini masih terus tumbuh.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.