Suka Jalan Sambil SMS-an? Put Your Phone Down!

Anda adalah seorang yang hobi SMS-an?
Atau anda adalah seorang yang rajin membuka inbox SMS?

Kondisi ini sangat mengganggu. Secara sekilas memang tidak begitu diperhatikan oleh kebanyakan orang, terlebih kehidupan di kota. Namun karena fokusnya tidak pada jalan yang dilalui maka tidak jarang terjadi tabrakan pejalan kaki.

Tabrakan pejalan kaki masih merupakan resiko ringan. Tidak dipungkiri pula kejadian tabrakan kendaraan lantaran pengemudinya tidak fokus adalah salah satu faktor terbesar kecelakaan. Mengemudi sembari SMS-an merupakan hal fatal. Cukuplah berhenti sejenak selama 5 menit untuk membaca dan membalas SMS dapat menyelamatkan anda dari kecelakaan.

“Perilaku SMS-an sambil berjalan secara otomatis mampu mengganggu kemampuan kognitif manusia. Saat melakukan aktivitas tersebut, mereka akan memperlambat kecepatan berjalan mereka serta mengurangi jumlah langkah. Sebab secara naluri, mereka sedang berupaya untuk menghindar dari bermacam risiko kecelakaan yang bisa terjadi saat berjalan,” terang Dr Conrad Earnest, peneliti dari Texas.

“Tak hanya perilaku menelepon sambil mengemudi saja yang ternyata membahayakan, namun SMS-an sambil berjalan juga bisa mengundang risiko baik bagi si pelaku maupun orang di sekitarnya. Oleh karena itu jika Anda sedang menerima SMS atau telepon dan bermaksud untuk membalasnya, sebaiknya berhentilah sejenak,” saran Conrad.

Hal ini menginspirasi seorang Rapper untuk merilis sebuah lagu berjudul “Put Your Phone Down”. Video berdurasi 3,52 menit ini menggambarkan perilaku menyimpang abad ini. Penikmat SMS, Facebook, Messenger dan media sosial lain yang dikemas dalam telepon genggam Android membuatnya menjadi orang yang apatis. Berjalan dengan jari sibuk update Facebook atau mengacuhkan rekan bicaranya dengan sibuk membaca twit. Video yang diunggah sejak 2012 lalu ini telah dilihat oleh 373.183 pemirsa Youtube.

Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker