Salah Menyusui Bikin Puting Susu Lecet

0
Posisi menyusu yang benar, puting ibu masuk ke mulut bayi hingga areola.
Ibu muda paling banyak mengalami masalah pada saat menyusui untuk pertama kalinya. Masalah yang cukup menjadi pengganggu untuk lebih dekat dengan buah hati adalah perlukaan pada puting susu. Masalah ini muncul karena kurangnya ibu menggali ilmu seputar cara mengasuh bayi. Dilain sisi, penyuluhan terhadap calon ibu dari tenaga kesehatan belum tersampaikan.

Puting susu lecet bisa terjadi karena kesalahaan saat menyusui. Kesalahan ini terjadi pada posisi mulut bayi saat menyusu. Jika bayi hanya menghisap bagian puting saja maka bisa saja bayi akan menggigit bagian puting ibu.

Hendaknya ketika menyusui, mulut bayi benar-benar menempel hingga pada bagian areola. Areola adalah bagian di pinggir-pinggir puting yang berwarna pink, coklat atau hitam. Warnanya berbeda pada setiap ibu. Terkait tingkat kenyamanan baik dengan berdiri, duduk atau sembari berbaring, pastikan bagian areola turun masuk ke mulut bayi.

Persiapan tatkala hamil atau bahkan sebelum menikah harus dilakukan. Perawatan payudara hendaknya dijadikan sebuah rutinitas yang terjadwal. Terlebih ketika hamil, kondisikan payudara ibu benar-benar siap untuk menyusui. Perawatan dapat berupa pijat, cara memijat dapat dibuka dalam tulisan dalam website seputar perawatan payudara, KLIK DI SINI. Puting payudara juga harus senantiasa dibersihkan agar ASI keluar dengan lancar. Tumpukan lemak dan keringat dapat menutupi saluran ASI pada puting payudara.

Jika telah terjadi perlukaan pada puting, maka hendaknya dicegah agar tidak terjadi infeksi. Cara mencegah agar puting payudara tidak terjadi infeksi diantaranya:

  1. Jaga kebersihan daerah puting payudara dan selalu bersihkan puting terlebih dahulu sebelum dan usai menyusui.
  2. Jangan menghentikan pemberian ASI pada bayi jika terjadi puting lecet, karena tidak keluarnya ASI dapat memperparah peradangan yang terjadi.
  3. Dapat pula diberikan salep untuk membantu proses penyembuhan lecetnya puting tersebut. Salep dapat diberikan saat ibu sedang tidak menyusui. Jangan lupa bersihkan bekas salep sebelum menyusui.

 

Lecet pada puting bukanlah alasan untuk tidak menyusui. Jika lecet pada puting belum sebegitu parah, maka dapat mengambil alternatif dengan alat yang disebut Nipple Shield. Nipple Shield adalah puting berbentuk plastik. Biasanya digunakan untuk melindungi puting atau juga untuk menyambung puting bunda yang kurang menonjol. Namun jangan gunakan ini secara terus-menerus. Setelah luka membaik, maksimalkan diri bunda untuk lebih dekat dengan buah hati.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.