Riset, Bau Kentut (Flatus) Bisa Dijadikan Obat

0
Bau kentut pun diteliti, ternyata punya manfaat juga.
Penelitian yang cenderung unik telah dilakukan oleh sebuah tim peneliti barat. Kentut yang selama ini menjadi bahan cacian mendapatkan tempat yang lebih baik akibat penelitian ini. Pasalnya, aroma menyebalkan dari kentut dapat menjadi perantara bagi kesembuhan berbagai penyakit, seperti jantung, kanker, artritis dan juga demensia.

Hasil penelitian ini telah diuji kelayakan dan dipublikasikan dalam jurnal Medchemcomm. Dilansir Times (4/8) bahwa gas hidrogen sulfida dari kentut berasal dari pemecahan makanan oleh bakteri.

“Gas hidrogen sulfida dalam dosis tinggi sebenarnya sangat mematikan. Namun, dalam kentut dosisnya sangat rendah sehingga justru dapat menyehatkan,” kata dr Mark Wood selaku ketua tim penelitian.

Percobaan ini menggunakan desain penelitian eksperimen. Gas buatan yang dibuat menyerupai kentut sebagai bahan uji. Kentut buatan yang diberi nama AP39 tersebut diberikan pada mitokondria dalam dosis yang kecil, organ sel yang menyerap nutrisi diubah jadi energi dengan cara menghancurkan bagiannya sendiri.

“Gas kentut buatan kami bisa menjaga mitokondria yang hancur dalam proses penciptaan energi. Kami percaya, mengembalikan mitokondria adalah kunci mengobati berbagai penyakit,” kata Wood.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.