Minim Fasilitas, RSUD Bolmut Kerap Rujuk Pasien

Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) ‎Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) Provinsi Sulawesi Utaradi nilai belum memadai. Dikarenakan Fasilitas alat kesehatan dan infrastruktur masih minim, banyak pasien yang akhirnya harus dirujuk.

“Butuh perhatian serius. Dari segi infrastruktur maupun alat kesehatan masih sangat minim,” ujar anggota Dewan Kabupaten (Dekab) Bolmut, Reba Pontoh, Minggu (2/8).

Seperti dilansir Tribunnews.com 2013 silam, RSUD Bolmut berdiri dengan predikat akreditasi D.

Ketua BK Dekab meminta dinas terkait segera mungkin menyusun perencanaan kegiatan, untuk dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) 2015.

Menurutnya Hal-hal yang berkaitan dengan kebutuhan masyarakat khususnya di sektor kesehatan akan diprioritaskan, baik dalam APBD-P maupun APBD 2016.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Dokter Jusnan C Mokoginta mengakui, alat kesehatan maupun infrastruktur penunjang lainnya masih sangat minim.

Pihaknya kini tengah menyusun perencanaan anggaran, untuk diusulkan dalam APBD-P maupun APBD 2016. “Kita harapkan ada dukungan dari legislatif. Hal-hal yang menjadi kebutuhan dasar RSUD akan terpenuhi. Sektor kesehatan harus menjadi skala prioritas karena bersentuhan langsung dengan masyarakat,” ujar mantan Dirut RSUD Namlea itu.

Meski minimnya alat kesehatan, menurut Jusnan, Pelayanan dan keselamatan pasien diutamakan.
Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker