Mengganti Puasa Boleh Selang-Seling

Masih banyak kaum muslimin yang belum memahami bagaimana cara meng-qodho’ atau mengganti puasa. Ada yang memahaminya dengan mengganti puasa secara berurutan sebanyak puasa yang ditinggal. Ada pula yang memahami dengan bolehnya mengganti puasa boleh selang-seling.

Pada dasarnya, mengganti puasa (Qadha) adalah suatu keringanan dan bentuk kasih sayang yang diberikan oleh Allah untuk tetap menyempurnakan kewajiban shoum Romadhon. Para ulama telah sepakat akan wajibnya mengganti puasa yang ditinggalkan selama Romadhon baik dengan udzur mau pun sengaja meninggalkannya.

Puasa yang wajib diganti diantaranya shoum Romadhon, shoum kafarat dan shoum nadzar.

Waktu yang tepat untuk mengganti puasa
Waktu yang diperbolehkan untuk mengganti puasa yang ditinggalkan adalah setelah habisnya puasa Romadhon. Ummul mu’minin ‘Aisyah rodhiyallaahu ‘anha berkata,”Dahulu saya mempunyai tanggungan qodho shoum Romadhon, saya tidak bisa menggantinya kecuali pada bulan Sya’ban karena kedudukan Rosulullaah.” (Muttafaqun ‘alayh)

Bagaimana hukumnya jika belum mengganti puasa hingga datang Romadhon berikutnya?
Menunda qodho puasa hingga masuk Romadhon berikutnya tidaklah sedikit yang mengalaminya. Pendapat mayoritas ulama mengatakan bahwa sesudah menjalani shoum Romadhon di tahun itu, ia wajib membayar fidyah sebagai hukuman (kafarat) karena lalai membayar hutang puasa. Selain itu, ia tetap wajib mengganti shoum yang ditinggalkannya sebelumnya setelah itu.

Apakah mengganti puasa boleh selang-seling
Mengganti puasa tidak harus berurutan. Hal ini telah disepakati oleh para ulama. Seseorang boleh mengganti puasa secara berurutan atau mengganti puasa secara selang-seling seperti shoum Daud.

Dalil yang mendasari mengganti puasa boleh selang-seling adalah penggalan ayat 184 suroh Al Baqoroh:

….maka (wajiblah baginya berpuasa) sebanyak hari yang ditinggalkan itu pada hari-hari yang lain….

Source: Majalah Ar Risalah, Ed. 157/Juli 2014

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker