Mending Hafalin Quran Aja Daripada pacaran

0
Kisah pilu pengembara semu
Pijakan kaki membekas pilu
Terlupa titah dari para pendahulu

Tergolek lemah para pujangga senja

Redup mentari meretas lelah
Indahnya paras bukanlah jaminan surga
Namun surga diselimut hal-hal indah
Teringat sebuah celah dalam lubang kunci pintu. Kita bisa mengintip isi rumah dari baliknya. Betapa kecil sang lubang untuk sekedar berkata,”Sekarang kau dapat melihat seluruh isinya.” Benar sekali, lubang itu terlalulah sempit untuk melihat secara kaffah.

Serupa ketika kita melihat masa depan hanya bermodal kaca mata kuda. Kaca mata yang hanya bisa melihat ke depan saja. Tak tampak sekitar yang mungkin bermakna untuk memberikan pertanda. Modal yang kurang menuntut diri untuk berkarya dengan apa yang ada. Daya diri tidaklah berguna ketika diri enggan keluar dari zona yang sudah penuh sesak.

Nikmatnya dunia remaja mengantarkan kita pada era bebas tak terarah. Dimana merah akan tampak seperti putih namun putih semakin tampak kusam. Betapa indah ayat-ayat dari langit yang telah memberi rona ke seluruh penjuru semesta. Tidaklah kita ada melainkan berkat wahyu yang turun kepada sang guru. Guru bagi semua yang tunduk dan patuh pada ilmu kebenaran.

Ayat-ayat itu kini memberi makna dalam tiap diri. Keterjagaannya begitu terasa. Irama penuh cinta hadir memberi ketenangan hati. Alangkah merugi tatkala menyibukkan diri dengan pelbagai rutinitas tiada arti.

Adalah rekan kita yang tak tahu diri. Menjauhkan hati dari mengingat hari dimana diri tak mampu berucap puisi. Cukuplah kini merajut bait syair tuk kehidupan nanti. Berbekal terbaik adalah bekal taqwa.

Sibuklah memahami arti petunjuk Allah hingga tak ada waktu untuk melampiaskan birahi. Kembali dengan tangan tak membawa api akan jauh lebih terpuji. Tidakkah kita ingat pada pesan yang penuh dengan semangat. Mahkota terindah bagi kedua orang tua yang kini telah renta. Biarlah sempit hidup di dunia tapi surga dapatlah menjadi kado terbaik bagi mereka.

Hafal Al Quran adalah modal yang tak ternilai. Bukan masa untuk lagi bersantai dengan rekan yang tak tahu kapan waktunya. Sajikan bingkisan itu dengan tersembunyi kerana kejutan yang tak terduga akan memberikan kesan yang tak terlupa.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.