Melalui Ma’had, Stikes ‘Aisyiyah Surakarta Bekali Spiritualitas Mahasiswa

Pendidikan tinggi tidak lepas dari peran agama dalam membimbing alumninya agar tetap memiliki akhlak yang baik. Lulusan sebuah perguruan tinggi akan terjun ke masyarakat dan akan membawa nama baik kampus di mana ia mendapatkan ilmu. Peran serta perguruan tinggi untuk menjaga kadar keimanan dan meingkatkan kapasitas keagamaan mahasiswanya juga harus dipertimbangkan.

Kini telah hadir dibanyak perguruan tinggi berupa Ma’had ‘Aly. Selain belajar bagaimana menjadi seorang intelektual namun juga tetap menjaga moral sebagai umat beragama. Pendidikan agama yang dikemas dalam bentuk pesantren mahasiswa amat dibutuhkan.

Stikes ‘Aisyiyah Surakarta sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah tentunya cukup memahami betapa pentingnya pendidikan agama bagi mahasiswanya. Oleh karena hal itu, untuk menunjang pendidikan profesi keperawatan di kampus tersebut, diwajibkan pula atas mahasiswa dan mahasiswinya untuk menempuh pendidikan pesantren mahasiswa.

Mengingat etos keilmuan tidak dapat dibangun hanya melalui pembelajaran secara formal dalam bangku perkuliahan saja, maka meniscayakan adanya wadah akademik yang memberikan ruang gerak bagi perkembangan akal dan moral, sehingga mendukung perkembangan intelektual dan spiritual. Untuk keperluan itu, integrasi model pendidikan perguruan tinggi dengan pendidikan Islam tradisional (pesantren) merupakan pilihan yang memadai. Perpaduan sistem pendidikan pesantren, yang mampu menanamkan nilai-nilai keagamaan dan budi pekerti dengan baik, dapat membantu Perguruan Tinggi untuk mencapai etos keilmuan yang mampu melihat hubungan organik tersebut. Untuk mencapai hal tersebut maka diperlukan strategi pengembangan kelembagaan yang mampu mewadahi sistem pendidikan tinggi dan pesantren. Berdasarkan filosofi ini, pendirian Ma’had ‘Aly dirasa penting bagi upaya merealisasikan program integral yang sistematis, sejalan dengan cita-cita persyarikatan.

Ada pun bagi Stikes ‘Aisyiyah Surakarta sendiri, Ma’had dirumuskan dalam 3 penjabaran:

  • Ma’had merupakan lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada pembelajaran ilmu-ilmu agama dan praktek pengamalan ibadah praktis.
  • Ma’had merupakan lembaga pendidikan yang berupaya mewujudkan sumber daya manusia (SDM) yang profesional dan berkarakter Islami.
  • Ma’had merupakan lembaga pendidikan yang menitikberatkan pada pelestarian tradisi Islam yang kaya, yang bermuara pada Al-Quran dan Sunnah.

Semoga apa yang dirumuskan oleh Stikes ‘Aisyiyah Surakarta untuk mencetak generasi kesehatan yang membawa misi dakwah semakin baik. Demikian pula dengan berbagai kampus kesehatan di Indonesia untuk membekali alumninya dengan ilmu agama yang memadai.

Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker