Materi Penyuluhan, Rokok Membunuhmu dan Keluargamu!

0
Penyuluhan tentang bahaya merokok masih merupakan topik hangat. Perubahan perilaku merokok adalah sebuah hal yang penting. Kegiatan PKMD bagi mahasiswa keperawatan merupakan salah satu tuntutan wajib untuk menyelesaikan fase pendidikan. Salah satu acara yang dituntut saat itu adalah mengedukasi masyarakat. Salah satunya tentang bahaya merokok. Berikut ini salah satu contoh materi yang bisa disampaikan saat penyuluhan kesehatan di masyarakat.

Kriteria Perokok

Kriteria perokok ringan sampai berat dapat dilihat dari waktu (menit) yang di butuhkan seseorang untuk segera merokok setelah bangun pagi dan jumlah batang rokok yang dihisap dalam sehari.
  1. Perokok sangat berat. Menghabiskan lebih dari 31 batang sehari. Hanya 5 menit setelah bangunpagi ia harus merokok.
  2. Perokok berat. Menghabiskan 21-30 batang per hari. Selang waktu 6-30 menit setelah bangun pagi ia merokok.
  3. Perokok sedang. Menghabiskan 11-20 batang sehari. Selang waktu 31-60 menit setelah bangun tidur ia akan merokok.
  4. Perokok ringan. Menghabiskan sekitar 10 batang sehari dan baru merokok dalam waktu lebih dari 60 menit setelah bangun pagi.


Bahaya Merokok

1. Bagi Perokok
  • Jangka pendek : Sesak napas, peningkatan denyut jantung, peningkatan asma, impotensi, kekurang suburan dan peningkatan karbonmonoksida dalam darah.
  • Jangka panjang : Serangan jantung, stroke, kanker paru, dan kanker lainnya (tenggorokan, rongga mulut, faring, kerongkongan, pancreas, kandung kencing, leher rahim, leukemia), kerusakan ginjal, kebutaan, serta penyakit paru seperti bronchitis kronis dan emfisema.

2. Bagi orang-orang di sekeliling perokok

  • Bukan hanya si perokok, orang sekelilingnya juga akan terkena pengaruh asap tembakau.
  • Kematian mendadak pada bayi yang bernapas di tengah-tengah asap rokok.
  • Penyakit pernapasan dan penyakit telinga tengah pada anak-anak.
  • Kanker paru-paru dan penyaki jantung pada orang dewasa

Kerugian Merokok lainnya

  1. Dosa. Rokok adalah perbuatan yang dilarang dalam agama. Perihal rokok amat jelas berbahaya dan membahayakan diri sendiri bahkan orang lain adalah sesuatu yang diharamkan.
  2. Kerugian Ekonomi, merokok tentunya akan menguras uang yang seharusnya bisa digunakan untuk hal yang lebih bermanfaat seperti : biaya sekolah anak, membeli ikan,dan buah-buahan yang bergizi dan bermanfaat.bagi kesehatan.
  3. Masalah Sosial, kebiasaan merokok meningkatkan resiko untuk menggunakan minuman keras dan narkotika yang banyak menjadi penyebab terjadinya tindakan criminal.

Berhenti Merokok

  1. Penelitian menunjukkan bahwa bila seseorang berhenti merokok dua jam saja, maka nikotin mulai meninggalkan tubuh, berhenti 6 jam akan menurunkan denyut nadi dan tekanan darah dan berhenti 12 jam akan membuat CO meninggalkan tubuh.
  2. Bila seseorang terus berhenti merokok 3-9 bulan, maka batuk dan gangguan pernapasan mulai menghilang serta fungsi paru-paru meningkat 10 %.
  3. Lima tahun berhenti merokok membuat resiko penyakit jantung koroner turun 50 %, dan bila telah 10 tahun berhenti merokok, maka resiko penyakit jantung koroner sama seperti yang tidak merokok dan resiko mendapat kanker paru turun sekitar 50 %.
  4. Rosulullah shollallaahu ‘alayhi wa sallam dan para sahabat bukanlah seorang perokok. Mereka menyibukkan diri dengan ibadah. Sebagai muslim yang baik tentunya tidak meniru kebiasaan setan yang mubadzir dan lebih memilih untuk mengikuti pola hidup sehat ala Nabi.


Gimana caranya biar berhenti merokok?

  1. Tingkatkan pemahaman agama
  2. Pelajari bahayanya bukan hanya enaknya rokok
  3. Niatkan berhenti merokok untuk ibadah
  4. Jaui hal-hal yang membuat kita ingin merokok
  5. Berolahraga atau melakukan aktivitas yang menyenangkanuntuk menghilangkan stress dan meningkatkan kesehatan
  6. Cukup istirahat dan makan makanan yang bergizi dan seimbang
  7. Jangan dekati sekumpulan orang yang sedang merokok agar tidak timbul nafsu untuk merokok kembali.

Tinggalkan Komentar