Malaysia Keluarkan Fatwa Haramnya Rokok Elektrik, Indonesia?

Fatwa haramnya rokok di Malaysia sudah digulirkan. Negara yang dihuni oleh lebih dari 17 juta kaum muslimin ini telah mengeluarkan fatwa haramnya rokok elektrik.

“Kami telah membahas masalah rokok dan shisha dan kami bisa menyamakannya dengan Vape,” kata Ketua Dewan Fatwa Nasional, Professor Emeritus Tan Sri Dr Abd Shukor Husin, seperti yang dikutip oleh Utusan Malaysia, Selasa (18/8/2015), lansir onislam.

“Pertama, itu berbahaya, kedua, itu adalah pemboros dan ketiga, itu merugikan kesehatan. Jadi ketika memiliki efek yang sama, kami telah menyatakan sebagai haram.” ungkapnya.

“Dari sudut pandang kementerian kesehatan, kami anggap ini juga merokok tapi hanya menggunakan metode yang berbeda. Para perokok akan mengalami efek merokok kecuali bahwa kandungan tar mungkin lebih rendah sementara efek nikotin tetap sama.” kata Menteri Kesehatan Malaysia, Datuk Seri Dr S. Subramaniam seperti dikutip Arrahmah.com.

Hendaknya pemerintah bukan hanya menimbang dari sisi ekonomi. Penjualan rokok memang dapat dikatakan menjadi komoditi yang menghasilkan banyak devisa. Namun di sisi lain, legalitas rokok oleh pemerintah sama saja dengan menjual racun pembunuh.

Dalam bahasa yang lebih tegas dapat dikatakan bahwasanya rokok adalah senjata pembunuh massal. Tidak ada manfaat yang terkandung didalamnya kecuali sikap pemborosan terhadap harta, besar kepala karena merasa gagah, tidak peduli terhadap orang lain yang alergi asap rokok dan berbagai sifat tidak baik lainnya.

Baca juga: Faktanya Rokok Itu Haram Bukan Makruh

Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker