Lowongan Perawat ke Jepang 2016 Telah Dibuka

Loker Warta

Badan Nasional Penempatan Dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) kembali membuka lowongan kerja ke Jepang. Periode pengiriman tenaga kerja perawat kali ini untuk tahun 2016. Seperti halnya tahun sebelumnya, perawat yang dikirim untuk bekerja di Jepang tahun depan akan ditempatkan dalam dua posisi. Ada lowongan untuk bekerja di RS sebagai perawat dan care woker untuk merawat lansia di panti jompo.

Kesempatan kerja ini merupakan program kerja sama antara pemerintah Indonesia dengan Jepang dalam kerangka Indonesia Japan Economic Partnership Agreement (IJEPA). Waktu pendaftaran berlangsung pada tanggal 2 Maret-3 Juni 2015.

Cara mendaftar untuk menjadi perawat di Jepang ada dua, bisa mendaftar secara langsung atau online. Adapun tempat pendaftaran di Pusat Perencanaan dan Pendayagunaan SDM Kesehatan Kementerian Kesehatan RI Jl. Hang Jebat III/F3 Lantai 6 Kebayoran Baru Jakarta Selatan. Pelamar juga dapat mendaftar secara online di SINI.

Lokasi pendaftaran lainnya di kantor Balai Pelayanan Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BP3TKI) atau Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (UPTP3TKI). Bisa juga di Loka Pelayanan Penempatan dan Perlindungan TKI (LP3TKI).

Sedangkan tempat pendaftaran Calon TKI Care Worker dilakukan oleh BP3TKI/UPTP3TKI atau LP3TKI di masing-masing daerah.

Sebelum diberangkatkan, peserta akan melalui beberapa seleksi lowongan kerja ke jepang diantaranya:

  1. Seleksi administrasi
  2. Tes tertulis kemampuan keperawatan
  3. Tes bahasa Jepang atau Japanese Quiz
  4. Aptitude Test oleh Japan International Corporation Welfare Services (JICWELS)
  5. Interview oleh institusi pengguna rumah sakit atau panti lansia.

Pada saat interview dengan JICWELS, calon TKI akan diminta menandatangani pernyataan bersedia untuk diambil gambarnya melalui video.

Selama proses seleksi lowongan kerja ke jepang tersebut diatas JICWELS akan membagikan password dan nomor ID kepada masing-masing calon TKI nurse dan TKI careworker untuk pelaksanaan proses matching melalui website JICWELS.

14 thoughts on “Lowongan Perawat ke Jepang 2016 Telah Dibuka

  1. Sorry kak kalo boleh tau yg di maksud jd perawat di jepang itu kita harus lulus kuliah dulu apa tergolongnya TKI.kalo TKI kan setau saya ijazah SMA aja bisa jadi perawat kaya di taiwan atau di hongkong dll.? bantu jawabnya

  2. Syarat untuk merawat lensia usia berapa min? ada syarat khusus egak? noleh pake jilbab gak? pengalaman merawat lensia 12 tahun di Taiwan. Mohon info, Terima kasih.

  3. Ada lowongan untuk d3 kebidanan tidak? Untuk yg fresh graduate, mohon infonya

  4. Kalau buat jadi tki gitu selain ke jepang, buat lulusan d4 keperawatan yg fresh graduate itu lewat mana ya? Terima kasihh

  5. mohon informasi lanjutan pada artikel tertulis ” Waktu pendaftaran berlangsung pada tanggal 2 Maret-3 Juni 2015″ artinya sudah tutup dung salam

    1. kami belum konfirmasi kepada pihak panitia, namun hingga saat ini kesempatan untuk berangkat ke Jepang masih tetap terbuka. untuk informasi lebih lanjut, bisa mengunjungi website resmi BNP2TKI.

      update: setelah kami cari informasi lebih lanjut, para calon TKI Perawat ke Jepang sudah terdata dan siap mengikuti pelatihan sebelum diberangkatkan. maka pendaftaran untuk periode 2016 telah ditutup. bisa dicoba untuk kesempatan ditahun berikutnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.