Kisah Suksesnya Perawat Indonesia di Amerika

BNP2TKI masih memberikan peluang besar bagi para perawat Indonesia untuk berkiprah di luar negeri. Baik di Jepang, Kuwait, Arab Saudi atau bahkan Amerika. Dari sekian negara yang bekerja sama dengan BNP2TKI untuk pengiriman tenaga kerja perawat, Amerika adalah negara dengan iming-iming gaji terbesar.

Ternyata banyak perawat Indonesia yang sukses menjadi perawat di negeri paling bebas di dunia itu. Perawat Indonesia di Amerika cukup mendapat tempat yang baik. Kelebihan yang dimiliki oleh perawat Indonesia adalah sikap (Attitude). Perawat Indonesia di Amerika terkenal lebih sopan, ramah dan giat dalam bekerja.

Salah satunya adalah Lili Suhartini atau biasa dipanggil Sarah asal Cianjur, Jawa Barat. Sarah adalah perawat yang menuai sukse sebagai perawat Indonesia di Amerika.

Perawat Indonesia satu ini pernah menyampaikan pengalaman suksesnya menjadi perawat Indonesia di Amerika ketika diundang Direktur Pemetaan dan Harmonisasi Kualitas TKLN II dalam rapat pembentukan LSP bagi Perawat Indonesia agar diakui di luar negeri seperti dilansir bnp2tki.go.id.

Sebagai perawat Indonesia, gaji yang Sarah dapatkan di Amerika mulai dari gaji level basic 30 dollar Amerika per jam, yang untuk perharinya bekerja sekitar 8 hingga 12 jam. Untuk perawat dengan level master, tiap jam bekerjanya diberikan 50 sampai 60 US dollar. Sungguh penghasilan yang sangat jauh dibandingkan dengan bekerja di negeri sendiri, Indonesia. Tampak betapa negera tersebut sangat menghargai etos kerja perawat.

Selain itu Sarah juga bercerita tentang kemampuan perawat Indonesia yang tidak kalah dengan Negara lain.Sarah pun memberi tips kepada para calon pekerja agar selain memiliki kompetensi sebagai perawat, diperlukan juga kepercayaan diri dan perilaku yang baik serta kemampuan bahasa Inggris yang memadai.

Ia menyebutkan bahwa sebenarnya peluang kerja bagi Perawat untuk bekerja ke Amerika Serikat ini sangat banyak tetapi banyak yang belum terisi karena kendala penguasaan bahasa Inggris.

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

2 Comments

  1. Sepertinya memang belum pernah melihat lowongan perawat indonesia ke amerika di website bnp2tki. Saya yakin masih banyak perawat indonesia bisa berbahasa inggris cuma kesempatan untuk kesannya tidak ada. Cuma yg tersedia ke timur tengah dan jepang. Mhon tanggapanna

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker