Fakta Kesehatan Buah Nangka yang Harus Diketahui

Fakta kesehatan buah nangka

Bicara soal nangka, pasti tidak ada yang tidak tahu tentang buah yang manisnya membuat indu ini. Nangka dapat diolah menjadi es buah, jus atau menu lain. Di kampung-kampung, nangka cukup mudah didapat dan harganya pun murah. Penduduk perkotaan akan lebih mudah mencarinya di supermarket namun sudah dalam bentuk kemasan. Tentu rasanya akan berbeda antara nangka yang dipetik langsung dari pohon dengan yang sudah diawetkan.

Selama ini kita makan buah nangka namun belum tentu tahu kandungan nangka yang sangat baik bagi kesehatan. Manfaat kesehatan buah nangka telah diulas oleh Nutrition-and-you.com dengan beberapa kesimpulan. Tentunya jika dikaji lebih lanjut mungkin masih banyak manfaat sehat buah nangka. Berikut beberapa fakta yang disajikan oleh situs tersebut:

Terdapat setidaknya 95% kalori tiap 100 gram nangka. Nangka memiliki tekstur yang lembut sehingga mudah dicerna dan terdiri dari gula sederhana seperti fruktosa dan sukrosa yang berguna untuk menghasilkan energi.

Nangka mengandung serat yang tinggi. Kandungan serat membantu melindungi selaput lendir usus dengan cara mengikat dan menghilangkan bahan kimia penyebab kanker dari usus besar.

Nangka mengandung vitamin-A, dan pigmen flavonoid seperti karoten-ß, xanthin, lutein dan cryptoxanthin-ß.

Nangka adalah salah satu buah yang mengandung antioksidan dan vitamin-C. Nangka menyediakan sekitar 13,7 mg atau 23% dari RDA.

Nangka juga mengandung beberapa unsur kimia seperti potasium, magnesium, mangan, dan besi. Kalium dalam nangka merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh yang membantu mengontrol tekanan darah.
Share

This website uses cookies.