Coca-Cola Merusak Tubuh Dalam 1 Jam

0
Minuman berpemanis buatan berperan penting dalam meninggalkan jejak penyakit dalam tubuh. Penyakit yang biasa muncul seperti obesitas, diabetes tipe 2 dan kerusakan gigi. Kabar tentang efek samping berbahaya dari munuman bernama Coca-cola tidak asing lagi. Seorang peneliti telah membuat infograf tentang efek yang terjadi pada tubuh manusia setelah 1 jam minum Coca-cola.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC), setiap harinya sekitar setengah dari penduduk Amerika minum-minuman manis. Mayoritas penikmat minuman ini adalah remaja dan dewasa muda.

Gula yang terkandung dalam sekaleng Coca-cola adalah sekitar 10 sendok teh. Dilansir Medical News Today (1/8) bahwa WHO telah membuat batas maksimal seseorang mengonsumsi gula tambahan dalam sehari yakni 6 sendok teh. Jelas sekali bahwa dengan sekaleng Coca-cola saja sudah melebihi batas gula tambahan maksimal dalam sehari.

Menurut Harvard School of Public Health, orang yang minum 1-2 kaleng minuman manis sehari-hari 26% lebih mungkin untuk berkembang mengalami diabetes tipe 2. Medical News Today juga melaporkan sebuah studi yang menyatakan bahwa sejumlah 184.000 kematian global setiap tahun turun konsumsi minuman manis.

Sebuah infografik yang telah dirumuskan oleh seorang Apoteker bernama Niraj Naik. Infografik ini dibuat berdasarkan penelitian seorang penulis dibidang kesehatan, Wade Meredith. Infografik tersebut memberi gambaran tentang dampak yang diakibatkan oleh sekaleng Coca-Cola 330 ml terhadap tubuh dalam kurun waktu 1 jam.

10 Menit Pertama

Menurut Naik, kadang gula yang tinggi dalam Coca-Cola semestinya membuat orang yang minum mengalami muntah. Namun adanya Asam Fosfat mengakibatkan rasa manis tersebut sedikit teredam.

20 Menit

Gula darah akan meningkat dengan drastis. Hal ini menyebabkan produksi insulin seakan meledak. Kemudian Hati mengubah kandungan gula dalam darah yang tinggi itu menjadi timbunan lemak.
40 Menit
Tubuh telah menyerap semua kafein dari Cola. Hal ini menyebabkan pelebaran pupil dan peningkatan tekanan darah. Pada titik ini, reseptor adenosin di otak telah diblokir untuk mencegah fatigue (kelelahan).
45 Menit
Menurut Naik, setelah 45 Menit produksi Dopamin meningkat. Dopamin berfungsi untuk merangsang perasaan nyaman dan senang pada pusat otak. Efek yang ditimbulkan kata Naik, seperti Heroin.
60 Menit
Asam Fosfat mengikat kalsium, magnesium dan zink. Kadar gula yang tinggi dan ditambah dengan pemanis buatan meningkatkan pembuangan jumlah kalsium melalui urin. Bukan hanya itu, kafein juga memiliki sifat diuretik sehingga mengakibatkan sering buah air kecil. Cola akan dibuang melalui air seni begitu juga unsur-unsur penting bagi tubuh. Terjadinya sugar crash akan mengakibatkan perasaan mudah iritabilitas dan rasa kantuk.
Riset, Infografik Coca-Cola Merusak Tubuh Dalam 1 Jam
Infografik perjalanan Coca-Cola merusak tubuh dalam 1 jam.
Naik juga memaparkan bahwa infografik di atas berlaku bukan hanya pada Coca-Cola, melainkan juga pada semua minuman bersoda dan kafein.

Naik juga menulis dalam blog pribadinya, The Renegade Apoteker,”Mengonsumsi secara teratur bahan-bahan ini dalam jumlah tinggi yang Anda temukan dalam Coca-Cola dan makanan serta minuman olahan lainnya, dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes dan obesitas.

“Namun jumlah kecil sesekali tidak akan mengakibatkan kerusakan besar”, tulis Naik dalam blognya.

Source: Medical News Today

Tinggalkan Komentar