Bangka Belitung Miliki Rumah Sakit Tanpa Kasir

Bangka Belitung kini memiliki Rumah Sakit tanpa kasir “rumah sehat”. Rumah Sakit tanpa kasir pertama di Indonesia itu didirikan oleh PT. Timah Tbk. RS tanpa kasir senilai Rp 5,782 miliar ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat miskin di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel).

“Rumah sehat ini merupakan turunan program Indonesia Sehat yang fokus pada bidang kesehatan bagi masyarakat kurang mampu dengan konsep rumah sakit tanpa memungut biaya,” kata Dirut PT Timah (Persero) Tbk. Sukrisno usai peresmian rumah sehat di Pangkalpinang, Rabu.

Sukrisno menyebutkan bahwa anggaran pembangunan Rumah Sehat ini mencapai Rp 5,782 miliar. Dana tersebut dihasilkan dari CSR dan penghasilan karyawan yang dipotong zakat 2,5 persen.

“Pelayanan kesehatan di rumah sakit ini gratis karena akan dibiayai dana zakat yang dikelola Baznas,” kata Sukrisno. Layanan kesehatan gratis dikhususkan bagi masyarakat dhu’afa.

“Pembangunan rumah sehat ini merupakan kerja sama PT Timah dan Baznas untuk memberikan pelayanan kesehatan terpadu mencakup promotif, preventif, kuratif, dan rehabilitasi bagi mereka yang membutuhkannya,” jelas Dirut PT Timah (Persero) Tbk tersebut.

Rumah sehat ini memberikan pelayanan kesehatan berupa klinik umum, gigi, hipertensi, diabetes, instalasi gawat darurat, fisioterapi, rawat inap, labortorium, apotek serta mobil ambulans. Tenaga medis yang siaga diantaranya dokter umum, gigi, bidan, perawat, apoteker, dan analis.

Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker