BAHAYA, Skinny Jeans Sebabkan Kerusakan Jaringan

0
Skinny Jeans merupakan busana trendi era ini. Celana berbahan jeans yang didesain ketat. Tidak murah jika celana itu bermerk tentunya. Mahalnya celana ini ternyata harus dibayar dengan penderitaan. Selain saat memakai dan melepasnya sulit, ternyata bahayanya bagi tubuh juga tidak main-main. Terlebih dalam Islam hal ini tidak diperbolehkan. Apalagi kaum perempuan yang suka berbusana ketat. Mengenakan jilbab tapi setipis saringan tahu, kakinya bukan dibalut rok melainkan dengan jeans perusak ini.

Dirilis dalam Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry, seorang wanita 35 tahun harus dilarikan ke rumah sakit karena betisnya menggelembung. Kondisinya semakin diperparah karena saat itu menggunakan skinny jeans.

Menurut redaksi, perempuan ini dilarikan ke Rumah Sakit karena terlalu lama jongkok. Bisa dibayangkan jika jeans seketat itu menekan area sendi. Pembuluh darah akan terhimpit dan aliran darah menjadi terganggu. Akhirnya dokter Rumah Sakit pun memvonis perempuan itu mengalami sindrom kompartemen.

Sindrom kompartemen merupakan suatu kondisi yang bisa dikatakan sangat menyakitkan dan berpotensi serius, yang disebabkan oleh perdarahan atau pembengkakan dalam jaringan otot yang tertutup – dalam hal ini betis. Berdasarkan pemeriksaan yang dilakukan di Rumah Sakit Royal Adelaide, kakinya bengkak parah.

Sindrom kompartemen adalah pening­katan tekanan dari suatu edema progresif di dalam kompartemen osteofasial yang kaku dan secara anatomis menggangu sirkulasi otot-otot dan saraf-saraf intrakompartemen sehingga dapat menyebabkan kerusakan jaringan intrakompartemen. Kondisi tersebu­t terjadi karena peningkatan tekanan di dalam ruang anatomi yang sempit, yang secara akut menggangu sirkulasi, kemudian dapat menggangu fungsi jaringan di dalam ruang tersebut.

Setelah empat hari dirawat, dia sudah bisa berjalan tanpa bantuan. Petugas medis lainnya telah melaporkan bahwa pasien mengalami sindrom kompartemen  akibat skinny jeans.

Source: Merdeka.com; Jurnalmedika.com

Tinggalkan Komentar