8 Manfaat Kesehatan dari Minuman Teh Jahe

Seduhan Teh Jahe lemon yang penuh manfaat.

Jahe adalah rempah-rempah yang sangat khas dengan aromanya, juga tidak luput dari rasa hangat yang ditimbulkan tatkala meminum sarinya. Rasanya yang tergolong memiliki karakter kuat, tidak terusik meskipun dicampurkan dengan tambahan lain. Sebagai salah satu menu jika kita mampir hampir di seluruh Angkringan di Jogjakarta, jahe akan senantiasa menjadi teman setia di tengah dinginnya malam. Jahe dapat dicampur dengan susu, teh, bahkan kopi. Agar lebih terasa khasiatnya, bisa juga ditambahkan dengan madu atau jeruk lemon.

Manfaat dari minuman jahe ini tentunya sudah sangat banyak dibahas. Sebagai tambahan, ada lagi 8 manfaat yang akan dihadirkan jika jahe dihidangkan bersama dengan teh seperti dimuat dalam The Times of India (11/8). Teh jahe ini juga akan lebih nikmat jika ditambahkan pula madu, lemon atau papermint kedalamnya.

Meredakan rasa mual
Secangkir teh jahe bila diminum sebelum bepergian maka dapat membantu mencegah mual dan muntah yang berhubungan dengan mabuk. Anda juga bisa minum secangkir teh jahe saat muncul gejala awal mual untuk meringankannya.

Meningkatkan kinerja lambung
Teh jahe bermanfaat dalam meningkatkan pencernaan dan meningkatkan penyerapan makanan. Teh jahe dapat mengurangi rasa kembung setelah makan terlalu banyak.

Mengurangi inflamasi
Jahe mengandung sifat anti-inflamasi. Selain diseduh menjadi minuman, jahe juga dapat digunakan rendaman sebagai salah satu cara mengurangi peradangan sendi.

Solusi masalah pernapasan
Teh jahe dapat membantu mengurangi masalah pada jalan nafas yang berhubungan dengan flu biasa. Coba secangkir teh jahe untuk gejala pernapasan yang terkait dengan alergi lingkungan.

Memperbaiki sirkulasi darah
Vitamin, mineral dan asam amino dalam teh jahe dapat membantu memulihkan dan meningkatkan sirkulasi darah yang dapat membantu mengurangi kemungkinan adanya masalah pada kardiovaskular. Jahe dapat mencegah terjadinya endapan lemak di arteri sehingga dapat mencegah terjadinya serangan jantung dan stroke.

Memberi rasa nyaman saat nyeri haid
Teh jahe dapat digunakan untuk kompres. Rendam handuk dalam teh jahe hangat dan kompreskan ke perut bagian bawah terutama pusat nyeri terjadi. Ini dapat membantu meringankan rasa sakit dan mengendurkan otot-otot yang tegang saat nyeri. Pada saat yang sama, minum secangkir teh jahe dengan madu.

Meningkatkan imunitas
Teh jahe dapat membantu memperkuat kekebalan tubuh karena tingginya tingkat antioksidan dalam jahe.

Mengurangi stres
Dapat dikatakan mayoritas orang yang minum teh jahe akan merasakan ketenangan. Namun yang minoritas mungkin tidak sempat minum teh jahe sehingga tidak merasakan khasiatnya. Aroma dan rasa hangat yang ditimbulkan merangsang syaraf dan otot-otot untuk rileks.
Share

This website uses cookies.