7 Manfaat USG yang Harus Ibu Ketahui

0
Perkembangan teknologi USG dari 2D, 3D hingga 4D
Pemeriksaan USG (Ultrasonografi) kini telah mencapai generasi yang cukup menggembirakan. Pasalnya hasil yang dihasilkan pada layar monitor semakin dapat dilihat dengan jelas. Terlebih kini ada generasi USG dengan pencitraan 4D. Tentunya biaya menyesuaikan dengan hasil yang dicapai.

Manfaat USG selama ini lebih sering dipahami sebatas untuk melihat jenis kelamin janin dalam kandungan. Namun ternyata masih ada kegunaan lain dari alat yang cukup mahal ini.

Berikut beberapa kegunaan yang bisa didapat dari USG:

  1. Menilai tumbuh kembang janin.
  2. Ancaman keguguran.
  3. Masalah pada plasenta seperti Plasenta Previa dan lain-lain.
  4. Kehamilan kembar.
  5. Mengukur cairan ketuban.
  6. Kelainan letak janin. Bukan saja kelainan letak janin dalam rahim tapi juga banyak kelainan janin yang dapat di ketahui dengan USG, seperti: hidrosefalus, anesefali, sumbing, kelainan jantung, kelainan kromoson (syndrome down), dan lain-lain.
  7. Mengidentifikasi jenis kelamin janin.

Pada umumnya waktu USG pertama dilakukan pada kehamilan minggu ke 7 untuk memastikan kehamilan, menilai DJJ (denyut jantung janin) dan antoprometri janin untuk menilai usia kehamilan.

Pada usia kehamilan 18-22 minggu dilakukan USG kedua untuk menilai kelainan congenital, kelainan bentuk, posisi plasenta, DJJ, juga untuk menilai perkembangan janin. Jenis kelamin janin pun mulai tampak.

Pada kehamilan minggu ke 34 dilakukan USG yang ketiga untuk mengevaluasi ukuran fetus dan menilai pertumbuhan fetus, pergerakkan dan pernafasan, DJJ juga jumlah air ketuban di sekeliling bayi serta posisi bayi dan plasenta.

Pastikan sebelum USG, lakukan konsultasi dulu dengan tenaga medis kepercayaan keluarga. Selain biaya yang cukup mahal, bagi ibu hamil yang menempuh perjalanan jauh akan terasa berat.

Tinggalkan Komentar