Jadwal Waktu Berdo’a Paling Mustajab

0
Berdo’a merupakan senjata kaum Muslimin. Tidak ada seorang pun yang memiliki iman tidak pernah berdo’a. Bahkan momen yang tidak sadar pun terkadang masih terselip doa. Ada sebuah cerita unik yang saya alami di kampung tercinta, Rumbia Lampung Tengah. Itu desa paling malang, meskipun ada kota Malang. Jalan yang menuju ke tempat itu, sejak saya kecil hingga saya sudah umur 24 lebih seperti ini, masih saja belum bisa dinikmati oleh mobil sedan. Lucunya bahkan mobil bus pun ikutan off road. Masih untung saat hujan tak ada kapal veri yang lewat.

Begini, di rumah saya ada pabrik penggilingan padi. Bukan hanya orang jawa saja yang datang untuk menggilingkan padinya, ada juga orang bersuku bali. Inilah aneh bin unik yang kadang saya dapati. Tidak hanya 1 atau 2 orang, terkadang ketika mereka datang dan operator tidak di lokasi, mereka secara otomatis akan mencari. Tidak sedikit dari orang bali yang beragama hindu itu, mengucap salah di rumah,”Assalaamu ‘alaykum.” Sontak kami pun terkadang menjawab dengan salam pula. Tapi ketika keluar yang tampak adalah orang hindu ya jadinya agak kecewa juga.

Bukan cuma salam, beberapa di antara mereka pun terkadang untuk mengungkapkan perasaan terkejut atau musibah juga menggunakan ungkapan Islam. Contohnya ada yang bisa mengucapkan “Astagfirullah,,bu,,,,”, atau “Masya Allah, kok iso ngono yo, ckckck gak nyongko”.

Ya, sedikit intermezo saja. Dalam kehidupan kita pun tidak luput dari do’a. Mulai dari akan masuk toilet hingga keluarnya pun di atur. Namun kapan sajakah waktu yang paling mustajab untuk berdoa.

  1. Sepertiga malam terakhir
  2. Antara adzan dan iqomah
  3. Malam lailatul qodr
  4. Selesai sholat fardhu
  5. Saat berjuang di medan jihad
  6. Pada hari jum’at, terutama di antara khutbah, saat sholat dan saat ‘ashar.
  7. Saat berpuasa, khususnya ketika berbuka.
  8. Seluruh waktu di bulan Romadhon
  9. Saat sujud dalam sholat
  10. Hari Arofah dan hari raya
  11. Dalam majlis dzikr dan saat membaca Al Quran
  12. Saat safar (bepergian)
  13. Saat tertimpa musibah
  14. Saat dizholimi
  15. Saat mendapatkan intimidasi (ikroh)
  16. Setelah berwudhu’
  17. Setelah melempar Jumroh
  18. Saat di dalam Ka’bah
  19. Saat di bukit Shofa dan Marwah
  20. Saat seorang mu’min berdoa kepada Allah dengan khusyu’ dan ikhlash pada waktu apapun, maka Allah akan mengabulkan doanya.
Source: Salim, Sya’ban Ahmad (2012). Ensiklopedi Pengobatan Islam, Hal. 259-260. Pustaka Arafah: Solo

Tinggalkan Komentar