Istilah Sihir dan Jenis Sihir

0

Sihir adalah salah satu cara mempergunakan setan. Sihir digunakan dengan cara menundukkan setan atau mengikat perjanjian dengannya. Ada pula dengan menjalin kesepakatan dengan setan namun syaratnya adalah manusia itu harus kafir kepada Allah sehingga setan mau mentaatinya dalam urusan yang telah disepakati. Baik itu perbuatan yang haram mau pun menyakiti orang lain.

Jenis-jenis Sihir
1. Jenis sihir pada tempat tertentu
Sihir tipe ini biasanya terjadi dalam lingkup yang terbatas dalam sebuah letak geografis. Misalnya jika seseorang berada di suatu tempat, ia akan merasa sedih atau bawaannya marah. Namun ketika ia berpindah ke tempat lain tiba-tiba nuansanya menjadi lebih dingin.2. Jenis sihir pada waktu tertentu.

Seseorang disihir pada waktu-waktu tertentu. Misalkan ketika memasuki waktu maghrib, ia menjadi tidak sadar diri dan linglung seperti orang kesurupan hingga datang waktu shubuh. Kemudian setelah masuk waktu adzan shubuh, maka ia akan sadar lagi.3. Jenis sihir untuk perkara tertentu
Beberapa contoh sihir tipe ini adalah

  • Tidak ada keharmonisan dalam kehidupan rumah tangga.
  • Ketidakcocokan antara dua rekan sejawat dalam satu pekerjaan atau hubungan tertentu.
  • Kegagalan dalam sebuah perkara, bahkan hingga berulang-ulang.
  • Ketidakmampuan melakukan hubungan suami-istri. Ada sihir Robthur Rojul dan Taghwirul Mar’ah.
  • Sihir perceraian dan permusuhan.
  • Sihir perdarahan. Keluarnya darah dari tubuh melalui lubang yang terdapat dalam tubuh tanpa diagnosis medis yang jelas. Bahkan tidak dapat diobati dengan terapi medis.

4. Jenis sihir yang ditujukan kepada orang tertentu
5. Jenis sihir hayalan (ilusi)
Contoh sihir ilusi ini seperti sedang melihat sesuatu namun kondisi kenyataannya tidak sebagaimana yang terlihat oleh matanya. Misalkan seorang suami melihat istrinya lebih buruk sehingga membuat suami menjadi tidak suka. Sihir jenis ini disebut Sihir Takhyil.

Source:
Salim, Sya’ban Ahmad (2012). Ensiklopedi Pengobatan Islam, Hal. 121-123. Pustaka Arafah: Solo
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.