Cermin Canggih Pendeteksi Penyakit Pertama di Dunia

Cermin tak lagi memiliki fungsi sebagaimana mestinya. Perkembangan teknologi membuatnya makin bermanfaat. Baru-baru ini, sebuah penelitian dati tim peneliti EU tengah mengerjakan sebuah proyek yang melibatkan cermin. Penelitian ini menggunakan kamera, sensor, teknologi lainnya serta memanfaatkan hasilnya untuk menyediakan panduan kesehatan bagi penggunanya.

Alat canggih yang disebut Wize Mirror si cermin canggih yang tampak menyerupai cermin ini dapat menampilkan gambaran masalah kesehatan. Cukup praktis untuk sekedar mengantisipasi agar tetap menjaga kesehatan.

Jika selama ini cermin di rumah hanya dapat memantulkan diri kita, kini dengan Wize Mirror semua itu akan lebih bermakna. Teknologi cermin ini akan membantu Anda untuk memantau kesehatan dari hari ke hari dan mendapati gejala penyakit kardio-metabolik.

Sebuah kamera scanning 3D dalam cermin canggih ini akan mencermati perubahan struktur kulit dan mendeteksi detak jantung serta kadar hemoglobin Anda. Terdapat perangkat lunak di cermin yang bisa menangkap perubahan ekspresi wajah apakah Anda dalam kondisi tenang atau stres. Terakhir, cermin ini dilengkapi dengan alat penganalisis gas yang bisa mengetahui apakah Anda habis minum alkohol, Anda perlu merokok atau bahkan berpikir untuk berhenti merokok.
Para peneliti menerbitkan artikel tentang Wize Mirror ini dalam Jurnal Biosystems Engineering dan berencana untuk melakukan uji coba di Eropa untuk mengidentifikasi manfaat dari alat tersebut, dilansir dari Medindia, Kamis (30/7/2015).
Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker