Bocah Pertama Penerima Transplantasi Organ Tangan Bilateral

Baru kali ini transplantasi organ tubuh dilakukan bilateral untuk organ tangan bagi anak-anak. Seorang bocah berusia 8 tahun disebut-sebut sebagai manusia pertama yang mengalami operasi transplantasi bilateral tersebut. Operasi ini dilakukan oleh tim bedah Rumah Sakit Anak Philadelphia, dibantu oleh rekan-rekan dari Penn Medicine.

 

“Operasi ini merupakan hasil dari pelatihan bertahun-tahun, diikuti oleh perencanaan dan persiapan berbulan-bulan oleh tim yang luar biasa,” komentar Dr. Scott Levin, direktur Program Transplantasi Tangan di Rumah Sakit Anak Philadelphia (CHOP/Children’s Hospital of Philadelphia).

 

Pada tahun 2011, tim Penn telah melakukan transplantasi tangan bilateral pertama mereka pada orang dewasa, dan menurut Dr Levin, pengalaman ini memberikan alasan bagi ahli bedah dasar untuk merencanakan untuk melakukan prosedur serupa pada anak.

 

Zion Harvey 8 tahun, seorang anak yang telah menerima transplantasi ginjal dan kedua tangan dan kakinya diamputasi beberapa tahun silam setelah menderita infeksi serius.

 

“Upaya kolaborasi antara lembaga-lembaga ini diperlukan untuk mengumpulkan tim dan mengatur para anggota untuk mengatur prosedur yang kompleks seperti yang belum pernah dilakukan pada anak,” jelas Dr Scott H. Kozin, kepala staf untuk Rumah Sakit anak-anak Shriners dan kolaborator bedah seperti dilansir Medicalnewstoday.com (29/7).
Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker