Beberapa Manfaat Tanaman Kunyit (Curcuma)

0

Kunyit memiliki ragam nama lain seperti turmeric (Inggris), kurkuma (Belanda), kunyit (Indonesia dan Malaysia), kunir (Jawa), koneng (Sunda), konyet (Madura). Khasiatnya memang telah turun-temurun diwariskan. Tidak dipungkiri bahwa manfaatnya sangat baik bagi tubuh manusia. Berikut ini beberapa manfaat tanaman kunyit bagi tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun
Kunyit mengandung zat yang dikenal sebagai lipopolisakarida, yang membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Kunyit juga bersifat sebagai antibakteri, antivirus dan antijamur yang membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh. Jika Anda terserang flu Anda dapat mencampur susu dan madu dengan kunyit, minum sehari sekali sampai flu berkurang.

Mengontrol Diabetes
Kunyit dapat digunakan dalam pengobatan diabetes dengan membantu untuk menjaga kadar insulin dalam tubuh. Kunyit juga meningkatkan kontrol glukosa dan meningkatkan efek dari obat yang digunakan untuk mengobati diabetes. Manfaat lain yang signifikan adalah efektivitas kunyit dalam membantu mengurangi resistensi insulin, yang dapat mencegah timbulnya diabetes tipe-2.

Mengurangi Tingkat Kolesterol
Sebuah penelitian menyebutkan, bahwa dengan mengonsumsi kunyit akan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Seperti yang kita ketahui, kolesterol yang tinggi dapat menyebabkan sakit jantung, dan masalah kesehatan lainnya.

Sebagai Obat Luka
Kunyit sebagai antiseptik dan antibakteri alami dan dapat digunakan sebagai disinfektan yang efektif. Jika Anda mengalami luka, Anda dapat menaburi luka tersebut dengan bubuk kunyit untuk mempercepat proses penyembuhan. Kunyit juga membantu memperbaiki kerusakan kulit dan dapat digunakan untuk mengobati psoriasis dan kondisi kulit inflamasi lainnya.

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.