Awas, Antibiotik Bisa Bikin Anak Kegemukan

0
Penggunaan beberapa antibiotik pada anak usia dini dapat menyebabkan penambahan berat badan, pertumbuhan tulang meningkat dan bakteri usus berubah, menurut sebuah studi baru yang diterbitkan di Nature Communications.

Penggunaan antibiotik tertinggi adalah pada anak-anak di bawah usia 10 tahun. Para peneliti dari Amerika mengatakan bahwa rata-rata anak di AS menerima tiga program antibiotik pada usia 2 tahun dan 10 program pada usia 10 tahun.

Pada bulan September 2014, Medical News Today melaporkan pada sebuah studi bahwa pemberian beberapa antibiotik sebelum usia 2 tahun berisiko yang lebih besar terjadinya obesitas pada anak usia dini. Penelitian lain terkait masa penggunaan antibiotik, penggunaan yang terlalu lama mempengaruhi peningkatan risiko juvenile idiopathic arthritis.

Penelitian terkait pengaruh antibiotik terhadap obesitas pada anak ini, dilakukan pada beberapa ekor tikus mencit. Tikus dikelompokkan menjadi 4 kelompok tikus dengan perlakuan berbeda. Kelompok pertama diberikan amoxycillin, kelompok kedua dengan tylosin dan kelompok ketiga dengan kolaborasi keduanya serta kelompok keempat tidak diberikan antibiotik.

Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa terdapat perbedaan antara kelompok tikus yang tidak diberikan antibiotik dengan yang diberikan antibiotik. Tikus yang diberikan amoxicillin, tylosin atau kolaborasi keduanya mengalami peningkatan berat badan dan pembesaran tulang, seperti dilaporkan Medicalnewstoday.com (1/7).

Ternyata antibiotik dapat menyebabkan kegemukan (obesitas). Kegemukan akibat antibiotik ini harus diwaspadai dengan tidak sedikit-sedikit memberikan anak obat.

Tinggalkan Komentar