9 Cara Ampuh Menangkal Gangguan Jin

0

Gangguan jin hingga akhir zaman kelak akan selalu ada. Sebagai manusia, kita hendaknya tidak pernah luput dari janji iblis yang telah mendapatkan legitimasi dari Allah untuk menggoda manusia. Bentuk godaan dan gangguannya pun beragam. Baik yang langsung ia atasi sendiri, bantuan dari bangsanya yakni alam jin serta manusia. Manusia yang berperilaku jahat pun secara esensi sama dengan setan.

Janji setan dalam Al Quran untuk mengganggu manusia amat terang. Tekad iblis untuk menjadikan manusia yang bisa ia goda untuk menjadi pasukannya amatlah besar.

Maka Iblis pun bertekad: “Sungguh akan kuhalangi mereka dari jalan-Mu yang lurus. Akan kudatangi mereka dari arah depan dan belakang, dari sebelah kanan dan kiri mereka!” (QS 7:16-17).

Maksudnya, menurut Ibnu Abbas ra, Iblis bertekad untuk menyesatkan orang dengan menebar keraguan, membuat orang ragu dan lupa pada akhirat, alergi dan anti terhadap kebaikan dan kebenaran, gandrung dan tergila-gila pada dunia, hobi dan cuek berbuat dosa, ragu dan bingung soal agama (Lihat: Ibn Katsir, Tafsir al-Qur’an al-‘Azim, cetakan Beirut, al-Maktabah al-Asriyyah, 1995, vol. 2, hlm. 190).

Sebagaimana halnya seorang yang telah mendapatkan surat tantangan dari musuh, maka haruslah kita bersiap siaga. Bekal kita untuk menghadapi musuh bebuyutan ini pun telah Allah berikan rumusnya.

1. Ikhlas kepada Allah ta’ala dalam segala sesuatu.
2. Membaca Al Quran, menghafal dan melaksanakan apa yang Allah perintahkan didalamnya dan menjauhi larangan-Nya.
3. Membaca ayat Kursiy dan dua ayat terakhir surat Al Baqoroh setiap pagi dan petang.
Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda,”Barangsiapa yang membaca ayat Kursi pada waktu malam maka Allah senantiasa menjaganya dan setan tiak dapat mendekatinya sampai dia memasuki waktu pagi.”
Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda,”Barangsiapa yang membaca dua ayat terakhir dari surat Al Baqoroh pada suatu malam maka kedua ayat itu akan mencukupinya.” (HR. Bukhory)
4. Membaca dzikir pagi dan petang (Al Ma’tsurot).
  • Download MP3 bacaan dzikir pagi di SINI
  • Download MP3 bacaan dzikir petang di SINI

5. Melaksanakan sholat fardhu secara berjamaah di masjid (bagi laki-laki) dan sholat di rumah bagi wanita.

6. Mengerjakan sholat malam.
7. Membacakan Al Baqoroh di rumah.
Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘Anhu, Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,
لَا تَجْعَلُوا بُيُوتَكُمْ مَقَابِرَ إِنَّ الشَّيْطَانَ يَنْفِرُ مِنْ الْبَيْتِ الَّذِي تُقْرَأُ فِيهِ سُورَةُ الْبَقَرَةِ
“Jangan kalian jadikan rumah-rumah kalian sebagai kuburan. Sesungguhnya syetan lari dari rumah yang dibacakan surat Al-Baqarah di dalamnya.” (HR. Muslim, no. 780)
Dari Abu Umamah al-Bahili Radhiyallahu ‘Anhu, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam bersabda,
اقْرَءُوا سُورَةَ الْبَقَرَةِ فَإِنَّ أَخْذَهَا بَرَكَةٌ وَتَرْكَهَا حَسْرَةٌ وَلَا تَسْتَطِيعُهَا الْبَطَلَةُ
“Bacalah surat Al-Baqarah, sesungguhnya mengambilnya itu barakah, meninggalkannya adalah kerugian. Sihir tidak mampu mengalahkannya.” (HR. Muslim)
8. Menghindari semua hal berbau sihir.
9. Memakan kurma ‘Ajwah sebelum makan.

Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam bersabda,”Barangsiapa yang memasuki waktu pagi dengan memakan beberapa butir kurma ‘Ajwah maka racun atau sihir tidak akan menimbulkan madhorot pada dirinya pada hari itu.” (HR Bukhory)

Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.