7 Tips Mengatasi Stretch Mark Pada Ibu Hamil

Stretch mark bagi para ibu muda merupakan salah satu hal yang cukup mengkhawatirkan. Adanya stretch mark akan membuat kulit perutnya yang tadinya halus dan lembut menjadi kurang nyaman dipandang. Terlebih jika sang ibu sangat menjaga penampilannya demi menunaikan kewajiban melayani suami.

Stretch mark merupakan sebuah gejala yang timbul akibat peregangan kulit saat hamil. Akibat peregangan tersebut, jaringan elastis pada bagian bawah kulit robek. Tanda guratan ini tampak pada kulit tubuh seperti di payudara, perut atas, lengan atas, pantat, dan paha. Munculnya guratan ini semula berwarna merah, merah muda, atau ungu kemudian lama-kelamaan berubah menjadi warna putih atau kelabu, tergantung pada warna kulit sang ibu hamil.
Tips untuk mengatasi stretch mark pada kulit ibu hamil:
  1. Jangan menggaruk stretch mark. Menggaruk stretch marks sama saja menjadikannya bertambah parah. Jika gatal, bisa diatasi dengan cara kompres hangat.
  2. Jangan lupakan olah raga. Biar pun hamil, tetap lakukan olah raga ringan seperti jalan kaki senam ibu hamil dan lain sebagainya. Tentunya sebelum memilih olah raga yang tepat, konsultasikan dengan konsultan kesehatan yang dipercaya.
  3. Konsumsi makanan yang sehat. Bagi ibu hamil, ada menu-menu khusus agar asupan nutrisi tetap terjaga. Konsultasikan dengan ahli gizi yang dipercaya.
  4. Lulur dan pijatan ringan juga dapat meminimalkan risiko terbentuknya stretch marks, karena bentuk relaksasi ini juga bertujuan melancarkan peredaran darah.
  5. Konsumsilah protein yang cukup dan istirahatlah yang cukup.
  6. Jaga berat badan sesuai dengan perkembangan janin.
  7. Jaga kelembaban kulit
Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker