Tips Efektif Menyapih Anak Secara Perlahan

0
Menyapih secara perlahan umumnya merupakan metode terbaik bagi ibu dan anak. Tips menyapih secara perlahan disebut sebagai cara paling baik untuk menyapih karena akan memberikan waktu yang cukup untuk ibu dan anak dalam menyesuaikan diri. Mengurangi pemberian ASI secara perlahan juga memberikan kesempatan pada payudara ibu untuk mengurangi jumlah susu yang dihasilkan secara alami dan menghindari pembengkakan payudara akibat kelebihan susu. Hal ini juga dapat mengurangi resiko mastiti atau pembengkakan payudara.

Menyapih anak secara perlahan tentu akan sangat berbeda secara psikologis dengan menyapih secara tiba-tiba. Menyapih secara tiba-tiba dapat membuat anak bingung bahkan tertekan akibat berkurangnya kedekatan antara ibu dan anak secara mendadak.

Jangan menyapih tatkala anak sedang mengalami peristiwa yang dapat membuatnya tegang seperti saat memasuki daycare untuk pertama kalinya, memiliki saudara baru, sakit atau merasa tidak enak dalam bentuk apa pun. Jika ibu dan anak sudah siap, mulai menyapih dengan melewatkan satu kali pemberian ASI tiap dua hari. Ibu bisa memilikih waktu dimana anak menyusu paling sedikit atau waktu yang anak jarang menyusu.

Secara perlahan, ASI dapat diganti dengan susu formula atau jika anak sudah berumur lebih dari 6 bulan dalam arti sudah siap menerima makanan pendamping ASI maka dapat diberikan minuman mineral dan makanan. Namun tetap ikuti sunnah Rosulullah bahwasanya menyusui hendaknya genap 2 tahun. Ibu biasanya paham kapan waktu-waktu dimana anak minta ASI. Pada momen tersebut, ASI dapat diganti dengan snack yang anak sukai dan tentunya memenuhi gizi si anak agar berat badannya tetap terjaga ideal.

Produksi susu akan semakin berkurang dan lama-lama berhenti. Jika ibu sudah siap untuk tidak menyusui anak tiap menjelang tidur, paling baik anggota keluarga lainnya membantu untuk menidurkan anak dan ibu bisa melakukan aktivitas lain.

Setelah menyapih, siklus haid biasanya akan sedikit terganggu. Selama beberapa bulan pertama setelah menyapih, haid akan menjadi tidak teratur dan terkadang ada sedikit ASI yang keluar selama beberapa pekan setelah berhenti menyusui.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.