Pulau Enggano, Kini Ada Dokter yang Siaga Tak Seperti Dulu

0
Pulau Enggano, adalah pulau terluar Indonesia yang terletak di samudra Hindia dan berbatasan dengan negara India. Pulau Enggano ini merupakan bagian dari wilayah pemerintah Kabupaten Bengkulu Utara, Provinsi Bengkulu, dan merupakan satu kecamatan. (id.wikipedia.org)

Wilayah tersebut sangat minim fasilitas kesehatan. Jika mengalami sakit yang tidak dapat ditangani sendiri, masyarakat mesti berobat ke Puskesmas. Sayangnya Puskesmas yang ada di sana tidak selalu ada tenaga medis yang siaga. Hal ini menyebabkan masyarakat akhirnya berobat hingga ke Bengkulu.

“Sebenarnya ada dokter disini, tapi mereka jarang ada di tempat,” kata Kepala Suku Kaitora Pulau Enggano, Rafli Kaitora seperti dilansir Tempo.co.

Meski ada puskesmas di pulau tersebut, namun menurut Rafli Kaitora, tenaga kesehatan yang bertugas di sini jarang berada di tempat sehingga masyarakat Enggano biasanya jika sakit berobat ke Kota Bengkulu yang ditempuh selama 12 jam.

Delapan orang tim medis yang terdiri dari dokter umum, perawat, apoteker, analis, sanitarian dan ahli gizi diberangkatkan ke wilayah tersebut. Program ini adalah salah satu dari program dari Kementerian Kesehatan untuk memberikan layanan kesehatan ke wilayah pelosok nusantara.

Pulau Enggano, menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, menjadi salah satu dari 120 Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di 48 kabupaten di Daerah Tertinggal, Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) di Indonesia.

Source: Tempo.co
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.