“Islam Nusantara”, Gagasan yang Pro Syi’ah

0
Istilah Islam Nusantara yang belakangan ini mulai menuai kontroversi di kalangan umat muslim, semakin menjadi kontroversial bagi para Netizen setelah kicauan Ulil Absar Abdala (Ketua Jaringan Islam Liberal) melalui akun twitternya Jum’at malam (27/6/15) yang berbunyi,

“Ciri Islam Nusantara; tidak memusuhi Syiah. Dan menganggap mereka bagian sah dari umat Islam. Beda dengan Islam Wahabi atau simpatisannya.”

Sudah menjadi mainstream yang saat ini sedang disuarakan bahwa Syi’ah merupakan paham yang jelas menyimpang dari ajaran Islam. Ini yang kemudian memunculkan istilah “Syiah Sesat”, “Syi’ah Bukan Islam” sebagai penolakan bahwa Syiah bukan bagian dari Islam.

Seolah Ulil sudah menerangkan ceplosan dari twitternya tersebut bahwa Islam Nusantara sangat “bergandengan tangan” dengan Syi’ah. Nampak ada hubungan yang sejalan antara gagasan yang dibawa oleh Islam Liberal itu sendiri, Islam Nusantara dan Syi’ah. Ceplosannya kali ini membuat asumsi baru bahwa gagasan “Islam Nusantara” dimunculkan ke permukaan tak lain sebagai pembela dan pelindung akan eksistensi Syi’ah di negeri ini.

Kontributor: Mia-soltief
Editor: Khothob

Tinggalkan Komentar