Delapan Tips Mencegah Keputihan Pada Vagina

0

Senyumperawatan.com – Tips mencegah keputihan ada banyak. Istilah Keputihan jika diibaratkan seperti bencana, tidak diharapkan namun datang tiba-tiba. Kedatangannya pun ada yang karena disengaja dan ada pula yang tidak. Kebersihan area vagian jika tidak diperhatikan dengan baik maka akan timbul keluhan ini. Namun jika kaitannya dengan kondisi hormon yang sedang labil maka meskipun sudah dibersihkan dengan sedemikian rupa namun tidak menutup kemungkinan tetap akan muncul. Namun setidaknya tidak sebegitu berbahaya dibandingkan dengan vagina yang tidak dijaga.

Sebelum terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, alangkah baiknya keputihan ini dicegah dengan cara yang baik. Beragam tips atau cara untuk mencegah keputihan telah dijelaskan baik oleh dokter, bidan atau tenaga medis lain.

Delapan Tips Mencegah Keputihan:

  1. Bersihkan selalu daerah vagina. Bersihkan dengan menggunakan pembersih yang tidak menyebabkan gangguan kestabilan pH. Produk yang terbuat dari bahan dasar susu dapat menjaga pH seimbang juga meningkatkan flora dan bakteri yang tidak bersahabat dapat ditekan. Penggunaan sabun antiseptik kurang baik bagi vagina dalam jangka panjang, karena bersifat terlalu keras.
  2. Hindari penggunaan bedak atau bahan pengharum berbentuk bubuk yang bertujuan membuat vagina harum atau kering. Bedak atau pengharum yang berbentuk bubuk dapat tertumpuk atau terselip dalam vagina, hal ini memungkinkan timbulnya jamur.
  3. Keringkan vagina setiap kali selesai mandi, cebok atau mencuci vagina sebelum berpakaian. Jangan sekali-kali mengenakan pakaian dalam yang basah karena kondisi celana dalam yang lembab dapat mengundang perkembangbiakan bakteri. Selalu bawa bekal celana dalam untuk pengganti. Jika terasa basah baik air mau pun keringat, maka sebaiknya diganti dengan celana dalam yang kering. Celana dalam yang basah juga dapat mengiritasi bagian selangkangan.
  4. Jangan terlalu seirng menggunakan celana luar yang ketat, hal ini dapat menyebabkan sirkluasi di daerah vagina terganggu.
  5. Gunakan celana dalam dari bahan katun, karena bahan katun mampu menyerap keringat.
  6. Saat periode menstruasi, seringlah mengganti pembalut. Jangan pelit untuk menjaga kesehatan vagina.
  7. Hindari stres. Luangkan waktu untuk sekedar melepas kepenatan. Kondisi stres dapat meningkatkan munculnya keputihan.
  8. Pastikan untuk segera membersihkan diri setelah olah raga atau beraktivitas berlebih. Kondisi tersebut pasti akan muncul banyak keringat pada tubuh. Kondisi lembab pada area vagina karena keringat akan cukup memberikan peluang bakteri untuk berkembang biak.
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.