Agar-Agar Kurma Madu, Menu Berbuka Pilihan 2015

Sebuah resep terbaru karya Farah Quinn, seorang chef ternama di Indonesia dapat membuat shoum (puasa) kita makin sehat. Agar-agar kurma, demikian resep ini biasa disebut namun berhubung ada tambahan madu didalamnya maka tidak ada salahnya jika disebut juga agar-agar kurma madu. Agar-agar selain membuat lambung kita nyaman, ia juga memperlancar proses pencernaan karena serat yang terkandung didalamnya.

Khasiat agar-agar itu sendiri sudah sangat bagus bagi kesehatan terlebih jika ditambahkan dengan kurma. Sebagaimana kita pahai bersmaa bahwasanya kurma merupakan menu wajib bagi Rosulullaah shollallaahu ‘alayhi wa sallam saat berbuka (ifthor). Dalam salah satu riwayat hadits pun dijelaskan bahwa Rosul menyarankan kepada umatnya untuk berbuka dengan kurma. Kandungan nutrisi dalam kurma berbeda dengan buah atau makanan lain. Kurma dapat dicerna lebih cepat dan kandungan karbohidratnya cukup tinggi. Mengonsumsi kurma saat berbuka akan lebih cepat memulihkan kondisi tubuh yang terkuras selama seharian berpuasa. Selain itu, madu juga dapat menjadi bahan super dalam Agar-agar kurma ini.

Muat Lebih

Bahan-bahan:

  • 750 ml (sekira 3 cups susu cair
  • 50 cc madu atau pemanis alami lainnya sesuai selera
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 100 gr kurma tanpa biji, potong kasar


Cara membuat

  • Masukkan kurma dan susu ke dalam blender atau food processor. Hancurkan hingga halus. Tuang ke dalam wajan. Beri agar-agar bubuk dan pemanis alami, masak dan aduk-aduk hingga mendidih;
  • Tuang ke dalam cetakan loyang berbentuk apa saja sesuai selera. Biarkan sejenak agar suhunya normal. Dinginkan dalam lemari es hingga mengeras.

Pos terkait