36 Rumah Sakit Jawa Barat Disiagakan Untuk Hadapi Idul Fitri

Dinas Kesehatan (Dinkes) Jawa Barat menyatakan sebanyak 36 rumah sakit rujukan di kabupaten/kota se-Jabar wajib siaga selama 24 jam pada saat pelaksanaan arus mudik dan balik Lebaran 2015/1436 Hijriah.

“Sama seperti tahun-tahun sebelumnya sebanyak 36 rumah sakit rujukan yang ada di seluruh Jawa Barat harus siaga dalam menghadapi arus mudik tahun ini,” kata Kepala Dinas Kesehatan Jawa Barat Alma Lucyati di Bandung, Senin.

Alasan Rumah Sakit Umum Daerah di setiap kabupaten/kota harus siaga selama arus mudik Lebaran tahun ini, kata dia, ialah agar mempermudah pelayanan kesehatan selama arus mudik atau arus balik.

Ia mengatakan, selain rumah sakit tersebut pihaknya juga telah menyiagakan sejumlah kendaraan operasional seperti mobil ambulans untuk menghadapi arus mudik dan balik Lebaran tahun ini.

“Tentunya kita siagakan kendaraan jika diperlukan, kemudian puskesmas dan tenaga medis juga kita siagakan selama arus mudik dan balik nanti,” ujar dia.

Sementara itu, pada Rakor Lintas Sektoral Operasi Ketupat Lodaya-2015 yang diadakan di Mapolda Jawa Barat, Alma menuturkan juga dibahas tentang peran serta dari Dinas Kesehatan dalam menghadapi arus mudik dan balik.

“Namun memang kemarin belum secara detail, prinsipnya sama tahun lalu, kita akan gabung dengan tim terpadu seperti dari Dinas Perhubungan, Polda Jabar, PMI juga ikut,” kata dia.

Melalui rakor tersebut, lanjut dia, pihaknya mengutarakan harapan keberadaan Jalan Tol Cipali bisa mengurangi angka kecelakaan lalu lintas yang biasa terjadi di Jalur Pantai Utara (Pantura).

Source: Liputan6.com
Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker