17 Macam Buah Untuk Membuat Kulit Lebih Putih

Memiliki kulit yang cerah atau bahkan putih merupakan dambaan orang-orang Asia. Berbeda dengan orang-orang Eropa yang terbagi dalam kulit putih dan kulit hitam, orang Asia terbagi dalam warna kulit yang lebih beragam. Di Indonesia ada yang menamai sawo matang, kuning langsat dan sebagainya. Asal bukan sawo busuk pun tidak masalah. Kini banyak penawaran untuk memutihkan dan mencerahkan kulit. Semua krim tersebut tentunya memiliki efek samping.

Ada sebuah kejadian yang dialami oleh teman saya sendiri. Dia adalah seorang laki-laki. Biar pun dia cowok tapi cukup doyan perawatan. Suatu ketika dia beli krim wajah. Alih-alih krim itu bisa bermanfaat buat wajahnya tapi akhirnya yang terjadi justru sebaliknya. Wajah cowok itu seperti terbakar. Memerah dan terkelupas seperti kulit mati yang terdapat pada luka kering. Kemudian setelah kejadian itu, akhirnya dia beralih menggunakan madu untuk krim wajah.

Berikut ini adalah beberapa buah dan olahannya yang dapat menjadi solusi kulit putih. Bagi para laki-laki mungkin tidak begitu memperhatikan. Namun bagi seorang wanita, menjaga kulitnya agar tetap cantik adalah sebuah aset baginya. Tetap sehat dan makin cerah secarah senyumnya dengan resep di bawah ini. Berikut ini macam-macam buah yang dapat membuat kulit putih.

1. Jeruk
Mereka kaya akan vitamin C. Vit. C membantu menjaga kulit secara komprehensif dan juga meningkatkan produksi kolagen, yang membantu dalam pertumbuhan sel baru.

2. Buah Bit
Buah bit berkhasiat untuk membersihan tubuh kita dari racun. Buah yang memiliki warna merah ini dapat membersihkan darah, hati dan melawan radikal bebas. Buah bit juga mengandung kalium, zat besi, magnesium, fosfor, serat dan vitamin A, B, dan C, yang akan membantu mencerahkan kulit.

3. Pisang
Pisang kaya akan vitamin A, B dan E dan merupakan buah yang berfungsi sebagai anti ageing (anti-penuaan) makanan. Jangan takut disebut mirip monyet karena pisang bukan buahnya monyet.

4. Susu
Susu bukan hanya kaya akan kalsium dan protein, fungsinya bagi kulit pun amat baik. Susu akan melembabkan kulit. Kandungan asam laktat didalamnya juga akan mempercepat regenerasi kulit.

5. Jintan Manis atau Fennel Seed
Jintan manis memiliki dua sifat yang tangguh. Jintan manis berfungsi sebagai antioksidan dan detoxifiers. Fungsi lainnya adalah untuk mengencangkan kulit dan meningkatkan sirkulasi darah. Manfaat lainnya adalah menjaga kulit dari efek dehidrasi dan membuatnya tetap lembab.

6. Kacang-kacangan atau biji-bijian
Berita yang tersebar selama ini bahwasanya kacang-kacangan adalah penyebab jerawat. Ternyata ada yang memiliki manfaat lain. Beberapa kacang-kacangan dapat mengatasi jerawat karena mengandung selenium dan zink. Biji labu dan almond membantu membersihkan darah dan memberikan nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh.

7. Apel
Seperti halnya Jeruk, Apel juga mengandung kolagen yang memperlambat proses penuaan. Gosok bagian dalam dari buah apel pada kulit untuk mengencangkan kulit. Apel dapat dikeringkan dan dijadikan bedak dan digunakan sebagai scrub alami. Seperti lemon, Apel juga membantu menyingkirkan noda kulit.

8. Tomat
Tomat melindungi kulit dari sinar matahari. Khasiat lainnya adalah untuk mengurangi jerawat dan mengatasi kulit berminyak. Tomat juga membantu menyembuhkan kulit yang terbakar.

9. Pepaya
Pepaya kaya akan antioksidan dan mengandung enzim khusus yang disebut papain, yang dapat membunuh sel kulit mati dan menyingkirkan kotoran kulit. Segelas susu pepaya atau sekadar menggunakan buah pada pada kulit dapat memberikan keajaiban bagi kulit.

10. Masker Almond Madu
Campuran Almond dan Madu berkhasiat untuk menyingkirkan warna kecokelatan dan melembabkan kulit. Membuat masker Almond Madu cukup mudah. Cukup dengan menambahkan sedikit susu, sesendok madu, sesendok jus lemon, dan sesendok minyak almond. Biarkan kering di wajah selama 15 menit dan kemudian cuci wajah hingga bersih.

11. Krim Oatmeal plus tomat
Oatmeal dikenal sebagai exfoliant (pengankat sel kulit mati) yang hebat dan tomat dikenal karena sifat melembabkan kulit. Jadi untuk mencerahkan kulit, dapat menggunakan kolaborasi kedua bahan ini. Campurkan keduanya dan oleskan ke kulit wajah. Pertahankan selama 15 menit dan kemudian cuci wajah hingga bersih.

12. Kedelai
Kedelai adalah makanan alami terbaik yang berperan sebagai anti-penuaan. Antioksidan yang ada didalamnya membantu dalam mempertahankan kecerahan kulit.

13. Buah berwarna merah dan kuning
Buah ini kaya akan fitokimia dan karoten, yang bertindak sebagai anti-oksidasn. Hal ini akan meningkatkan resistensi kulit. Contohnya seperti sayuran seperti wortel, mangga, labu dll.

14. Buah yang mengandung Vit. C tinggi
Vit. C berfungsi untuk menjaga kulit sehat dan cerah. Contoh buah yang kaya vitamin C, seperti buah kiwi, stroberi, ceri tomat, atau jeruk.

16. Kentang
Tempatkan irisan kentang di wajah dan berikan sedikit pijat ringan. Ini akan menghapus tanda merah, noda dan mencerahkan warna kulit.
17. Air jeruk nipis
Air jeruk nipis mengurangi penuaan, komedo dan keriput. Lemon bertindak sebagai pemutih alami karena mengandung vitamin C.

Source: Healthmeup.com
Tags

Destur PJ ,S. Kep

Perawat sekaligus seorang penulis dan juga suka bergabung dalam event organizer. Semoga tulisan-tulisan ini bermanfaat bagi rekan-rekan seprofesi dan juga para pembaca.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker