Tips Sederhana Atasi Morning Sickness Ibu Hamil

Senyumperawat.comMorning sickness merupakan gejala yang timbul pada awal kehamilan. Menurut kamus kesehatan, Morning sickness diartikan sebagai gejala yang berupa mual, baik dengan atau tanpa disertai muntah. Muntah yang berlebihan ini dapat berakibat terjadinya sindrom hiperemesis gravidarum.

Morning sickness cukup mengganggu jika berlangsung seharian. Sebagaimana arti dari kata Morning sickness sendiri yaitu rasa sakit pada pagi hari. Normalnya perasaan mual muntah itu hadir hanya dipagi hari namun tidak sedikit pula yang berlangsung hingga seharian. Morning sickness sendiri diakibatkan oleh peningkatan hormo progesteron. Namun para pakar masih belum dapat membuat pernyataan resmi penyebabnya secara pasti.

Kemungkinan penyebab lainnya adalah karena peningkatan serum hCG (human chorionic gonadotopin) dalam tubuh. Serum hCG diproduksi oleh tubuh setelah terjadinya perlekatan embrio dan terus meningkat kadarnya hingga minggu ke-12 kehamilan. Itulah mengapa pada kebanyakan wanita “morning sickness” menghilang setelah minggu ke-12. Sebagaimana dimuat dalam majalahkesehatan.com, bahwasanya morning sickness dapat berlangsung hingga pekan ke-16.

Untuk mengatasi hal ini, tentunya ahli gizi akan sangat berperan. Secara mendasar, jika mual muntah berlangsung terus-menerus, maka yang terjadi adalah asupan gizi baik untuk ibu dan janin akan terganggu. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memenuhi asupan gizi ini diantaranya:

  1. Makan sedikit tapi sering. Jika makan dalam jumlah besar dikhawatirkan akan muntah, maka makanlah sedikit tapi sesering mungkin hingga asupan nutrisi dalam satu hari terpenuhi.
  2. Makan makanan yang disukai. Terkadang ketika seseorang megnalami mual dan muntah, makanan apa pun menjadi tidak selera. Hal ini disiasati dengan memberikan makanan yang sangat disukai.
  3. Menjauhi hal-hal yang dapat memicu mual muntah.
  4. Melakukan teknis relaksasi untuk meredakan rasa mual.
  5. Sebagai pengganti nutrisi yang kurang, biasanya diberikan multivitamin oleh petugas medis.
  6. Mohon pada Allah agar diberikan kekuatan dalam menghadapi kehamilan karena bereproduksi dan memperbanyak jumlah umat Islam amatlah disukai oleh Allah dan Rosul-Nya.

Dalam medicalnewstoday.com disebutkan pula beberapa tips jitu untuk mengutangi morning sickness pada ibu hamil. Beberapa tips tersebut diantaranya:

  1. Tidur cukup
  2. Hindari gerakan aktif setelah makan, baiknya istirahat dulu sejenak baru aktivitas kembali.
  3. Jangan bangun dari tidur terburu-buru, awali dengan membuka mata lalu beberapa menit kemudian duduk beberapa saat. Setelah itu baru beranjak dari tempat tidur.
  4. Hindari makanan berlemak, pedas dan berkafein
  5. Pastikan di rumah tersedia cemilan yang mengandung protein tinggi. Meskipun tidak mampu makan dalam porsi normal, setidaknya nutrisi tetap terjaga.
  6. Konsumsi buah-buahan
  7. Hindari layar komputer atau batasi penggunaan gadget. Kelelahan pada mata oleh karena terlalu sering melihat layar gadget dapat membuat pusing.
  8. Kurangi aktivitas fisik yang dapat menyebabkan mual muntah
  9. Jahe dapat membuat perut merasa nyaman
  10. Jauhkan pikiran dari stressor
  11. Kenakan pakaian yang nyaman dan lain sebagainya
Share

This website uses cookies.