Rahasia Kesehatan Dalam Buah Naga

0

Buah Naga yang memiliki bahasa latin Hylocereus Polyrhizus mengandung banyak senyawa yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Meskipun tidak dapat menyemburan api sebagaimana hewan naga dalam dongeng, namun segala macam vitamin didalamnya dalam membuat orang yang mengonsumsinya memiliki semangat membara. Dragon fruit, begitu orang barat menyebutnya, seakan mengubah paradigma bahwa tumbuhan kaktus itu serba menykitkan karena durinya. Dragon fruit ini dikenal pula sebagai kaktus yang manis atau kaktus madu. Disebut naga karena bentuk kulit buahnya yang seperti sisik naga yang berwarna merah.

Kaktus manis ini mengandung banyak serat, vitamin dan mineral. Buah naga tergolong unik karena batangnya berbentuk segitiga. Tanaman ini pula diyakini dapat mencegah penyakit degeneratif, mengurangi tekanan emosi dan bahkan menetralkan racun. Khasiat lainnya adalah dapat digunakan untuk menurunkan kadar glukosa darah sehingga cocok bagi penderita diabetes. Bagi penderita penyakit kolesterol tinggi, buah naga bisa jadi solusi.

Kandungan serat dalam buah naga tergolong baik bagi kesehatan yaitu 0,7 – 0,9 g/Kg. Serat pangan dapat mengikat zat-zat karsinogenik. (Goldberg, 1994)

Betakaroten dalam buah naga, juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya kanker. Betakaroten ini merupakan provitamin A yang dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A.

Menurut Badan Litbang Pertanian RI, buah naga dapat menurunkan kadar kolesterol, penyeimbang gula darah, menguatkan gunsi ginjal dan tulang, serta meningkatkan kerja otak. Namun manfaat ini cukup sulit untuk dapat dirasakan oleh masyarakat secara luas. Hal ini disebabkan oleh jumlahnya yang masih sedikit dan tentunya karena jumlah produksi yang sedikit ini mengakibatkan harganya begitu mahal.

Source: Agoes, H. Azwar (2010). Tanaman Obat Indonesia. Salemba Medika. Jakarta
Editor: Destur

Tinggalkan Komentar