Manfaat Hebat Olah Raga Bagi Otak

0
Senyumperawat.com – Sebuah studi yang melibatkan 59 responden pria dan wanita menghasilkan sebuah kesimpulan bahwa olah raga sangat bermafaat bagi otak. Manfaat yang tampak adalah pada sisi suplai oksigen dan nutrisi yang dibawa oleh darah menuju otak. Dengan olah raga teratur, jantung akan dapat memberikan dorongan yang cukup untuk mengirimkan pasokan sembako ke otak.
Dalam majalah Ar Risalah edisi 145 dijelaskan bahwa studi tersebut memakan waktu sedikitnya 6 bulan. Dari jumlah total 59 responden, mereka diminta untuk fokus melakukan salah satu program latihan yang mereka sukai seperti aerobik dan angkat beban. Setelah penelitian selama 6 bulan, para responden tersebut diminta untuk melakukan pemeriksaan FMRI (Functional magnetic resoannce imaging).

Bagian otak dan fungsinya

Hasil yang diperoleh para peneliti dari tes tersebut adalah adanya peningkatan aktivitas pada lobus frontal. Cerebrum atau korteks bagian depan ini mengatur fungsi daya pikiran dan tindakan (aktivitas). Perkembangan yang baik juga didapati pada lobus parietal yang lebih berperan dalam daya ingat dan penglihatan.
Olah raga aerobik ini amat beragam jenisnya. Namun pada dasarnya, aerobik ini memiliki tujuan pokok yaitu menghasilkan oksigen yang cukup untuk dikirimkan ke otak. Dengan aktivitas fisik yang melibatkan seluruh anggota badan, maka sirkulasi darah pun akan cukup lancar. Kerja jantung akan terdorong untuk bekerja dan tentunya otot jantung juga mendapatkan latihan dari aktivitas aerobik ini.
Source: Majalah Ar Risalah ed. 145 hal. 27 dengan beberapa perubahan
Share

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Wajib diisi * Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.