Kamera Smartphone Bisa Untuk Mendeteksi Kanker Mata

Kamera Smartphone Bisa Untuk Mendeteksi Kanker Mata

Senyumperawat.com – Kanker mata kini dapat dengan mudah dideteksi dengan kamera smartphone. Sebuah badan amal yang fokus pada kanker anak, menyatakan bahwa smartphone dapat digunakan untuk mendeteksi apakah seseorang menderita kanker mata atau tidak. Kabar baiknya adalah metode mendeteksi dengan smartphone ini merupakan tindakan dini karena mereka mengatakan bahwa yang bisa dideteksi adalah bayi dan anak-anak di bawah 5 tahun (balita).

Chect (The Childhood Eye Cancer Trust) menyatakan bahwa adanya lampu flash pada kamera smartphone dapat digunakan untuk mendeteksi Retinoblastoma (Rb). Retinoblastoma merupakan salah satu jenis kanker yang berkembang dalam mata bayi dan anak-anak.

Muat Lebih

Kanker ini akan mempengaruhi penglihatan anak. Selain itu tentunya mengancam kehidupan anak meskipun gejalanya hampir tidak tampak. Melalui lampu flash kamera tersebut, akan tampak perbedaan antara mata anak yang sehat dengan mata anak yang terkena kanker mata. Menurut Chect, ketika terdapat tumor yang berkembang dalam mata, maka pupil akan memantulkan cahaya flash berupa warna putih.

Sebagaimana dirilis dalam Huffingtonpost mengungkapkan sebuah kejadian yang diungkapkan oleh seseorang ibu. Ibu tersebut melaporkan ke Rumah Sakit Anak di Birmingham bahwa saat ia mengambil foto anaknya yang bernama Arwen, mata kirinya memantulkan warna putih. Pastinya warna putih tersebut berbeda dengan warna putih yang biasanya tampak saat mata melihat sinar kamera. Setelah dilakuakan pemeriksaan, anak tersebut didiagnosis Retinoblastoma grade D.

Setelah didiagnosis mengidap Retinoblastoma, kemudian diputuskan penanganan yang cukup menyedihkan. Mata kiri Arwen akhirnya diangkat dan sekarang sudah melewati masa pemulihan total.

Hampir setiap harinya di Inggris, satu anak balita didiagnosis mengidap Retinoblastoma. Di antara yang dapat diatasi, 98% terselamatkan namun sebagian besar harus kehilangan matanya karena diangkat.

Selain dari penampakan pantulan sinar putih pada mata, ada tanda lain yang perlu diwaspadai, yaitu:

  1. Juling (strabismus) yang baru timbul, bukan dari herediter
  2. Perubahan warna iris
  3. Nyeri dan bengkak pada mata tanpa adanya infeksi

Perkembangan teknologi membawa banyak manfaat. Di samping memang banyak efek samping yang mesti diwaspadai. (Destur/Huffingtonpost)

Pos terkait