Hikmah Kesehatan Tatkala Berwudhu

Senyumperawat.com – Wudhu merupakan sebuah kewajiban bagi setiap muslim tatkala akan melaksanakan Sholat. Wudhu pula merupakan perbuatan sunnah yang sangat dianjurkan untuk selalu dijaga agar ketika kematian datang tiba-tiba maka kondisi fisik masih dalam keadaan suci. Inilah indahnya Islam dengan berbagai pernik perilaku yang mengantarkan pemeluk ajaran paling benar ini selalu dalam kondisi terhindar dari dosa. Dalam wudhu pula, dosa-dosa kecil yang telah dilakukan oleh anggota badan akan mengalir bersamaan dengan mengalirnya air wudhu tersebut.
Hikmat Wudhu Bagi Kesehatan (https://www.nordeastbrewersalliance.org)
Yusuf Al Hajj Ahmad dalam bukunya, Mausuh’ah al I’jaz al ‘Ilmi fy al Qur-an Al Karim wa As Sunnah al Muthohharoh, yang telah diterjemahkan dan diterbitkan dalam majalah Hujjah edisi 4 menyebutkan setidaknya ada 6 hikmah dalam berwudhu. Ada pun keenam hikmah tersebut diantaranya:
1. Membasuh kedua telapak tangan
Dalam permulaan wudhu ini, menurut Ahmad, dapat menghilangkan kuman dan bakteri hingga 90%. Hal ini juga dapat menghindarkan dari penyakit kulit. Selain itu, membasuh tangan saat wudhu juga membersihkan dari virus Hepatitis A. Dengan adanya syaraf, pembuluh darah kapiler dan berbagai kelenjar dalam kulit tangan, wudhu dapat menjadi relaksasi.
2. Berkumur-kumur
Berkumur-kumur dapat mencegah dari radang tenggorokan dan menjaga gusi serta gigi agar tetap sehat. Berkumur juga dapat memperkuat otot-otot wajah dan menjaga wajah agar tetap segar.
3. Memasukkan air ke hidung (istinsyaq) dan menyemburkannya (istinsyar)
Dengan istinsyaq dan istinsyar dapat membersihkan berbagai kotoran baik debu mau pun bakteri merugikan dalam hidung. 
4. Membasuh wajah
Membasuh wajah dapat meningkatkan ingatan, pikiran jernih dan terhindar dari penyakit pikun. Ahmad juga menjelaskan bahwa pada dahi terdapat titik yang berhubungan dengan otak dan syaraf manusia. Membasuh wajah dapat menghilangkan penyakit kulit yang disebabkan oleh debu dan kotoran yang biasa disebut dengan komedo atau jerawat (acne).
5. Membasuh lengan hingga siku
Membasuh lengan hingga siku akan menghilangkan debu dan mikroba. Keringat yang mengendap di permukaan kulit juga dapat dibersihkan sehingga tidak menjadi tempat yang nyaman untuk perkembangbiakan bakteri.
6. Membasuh kedua kaki hingga mata kaki
Membasuh disertai dengan pijatan akan dapat memberikan sensai relaksasi.
Sebagai tambahan, jika ditinjau dari sisi anatomi fisiologi, maka pendapat Syaikh Yusuf Ahmad tersebut amatlah benar adanya. Beberapa bagian lain yang juga merupakan bagian wudhu dan mendapatkan manfaat besar dari wudhu adalah kepala. Jika di atas telah dijelaskan adanya perasaan relaksasi pada kaki, maka ketika bagian kepala diusap hingga tengkuk maka manfaatnya pun sama. Pada kaki terdapat pembuluh darah yang cukup jauh dari jantung, hal ini terkadang mempersulit jantung untuk memberikan pompaan yang cukup agar darah dapat kembali dengan lancar ke jantung kembali. Kondisi ini dapat mengakibatkan endapat cairan pada bagian ekstremitas. Dengan sedikit pijatan, maka dapat membantu memberikan stimulus pada syaraf-syaraf kaki untuk relaksasi serta memperlancar peredaran darah. Selain itu, pembuluh darah yang berada di leher adalah pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak, oleh karenanya dengan adanya basuhan air dan sedikit pijatan akan memberikan kenyamanan. (Destur/eSPer)

Pos terkait