Cara Simpel Mencegah Insomnia

Senyumperawat.com – Susah tidur atau dalam bahasa ilmiah sering disebut dengan insomnia, menjadi masalah tersendiri bagi sebagian orang. Bagi mereka yang suka begadang, maka kesempatan seperti itu akan sangat bermakna.

Namun bagi para pekerja kantoran, insomnia akan sangat berpengaruh pada kinerja pada keesokan harinya. Selain pekerja kantor, bagi pelajar pun hal ini akan mengurangi konsentrasi belajar. Mengantuk dan bawaannya ingin tidur adalah efek samping dari susah tidur.

  1. Memakan makanan berprotein tinggi sebelum tidur, seperti keju atau susu. Diperkirakan bahwa triptofan, yang merupakan suatu asam amino dari protein yang dicerna, dapat membantu agar mudah tidur.
  2. Usahakan agar selalu beranjak tidur pada waktu yang sama.
  3. Hindari tidur di waktu siang atau sore hari.
  4. Hindari kegiatan-kegiatan yang membangkitkan minat sebelum tidur.
  5. Lakukan latihan-latihan gerak badan setiap hari, tetapi tidak menjelang tidur.
  6. Gunakan teknik-teknik pelepasan otot-otot.

Trik mencegah insomnia di atas bukanlah trik yang mutlak sama pada setiap orang. Karakter individu tentunya akan sangat berpengaruh terhadap efisiensi tips-tips mencegah insomnia tersebut. (Destur/Senyumperawat.com)

Tags

Destur Purnama Jati

Seorang penulis blog dan juga Youtube creator. Selain itu juga berkiprah di dunia EO (Event Organizer) terutama dibidang kesehatan. Terkadang juga mengisi pelatihan seputar PPGD dan sejenisnya.

Related Articles

Tinggalkan Komentar

Back to top button
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker